Lainnya

Apa itu Grooming dan Apa pentingnya untuk hewan peliharaan kita

Istilah grooming adalah salah satu istilah yang mungkin sering kita dengar, khususnya bagi mereka yang bergelut dengan dunia hewan peliharaan hias seperti kucing, anjing, kelinci hias dan lain sebagainya. Lalu menurut anda apa itu grooming dan seberapa penting untuk perawatan hewan peliharaan kita.

Secara umum grooming adalah bagian dari perawatan diri makhluk hidup, baik untuk manusia maupun hewan bisa melakukan grooming untuk menjaga kebersihan tubuh dan penampilannya. Kata Grooming sendiri berasal dari asal kata groom yang berarti merawat, mengurus atau rapi, dapat diartikan juga grooming adalah penampilan diri atau penampilan yang prima.

Secara alami sebenarnya beberapa hewan seperti anjing dan kucing mempunyai kemaampuan untuk melakukan self grooming atau melakukan grooming sendiri. Mereka biasanya melakukan grooming dengan cara menjilat dan menggunakan kakinya.

Pada kucing untuk melakaukan self grooming dengan cara menjilat jilat seluruh bagian tubuhnya, sedangkan untuk bagian tubuhnya yang tidak bisa dijangkau dengan lidahnya maka ia akan membasahi kakinya dengan lidah dan menggosokkannya ke bagian yang tidak terjangkau oleh kakinya tadi.

Tujuan Melakukan Grooming pada Hewan Peliharaan

Tujuan melakukan grooming adalah untuk membersihkan hewan peliharaan dari segala kotoran, bakteri, serta kutu yang berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaan. Selain itu tujuan lain dari grooming adalah menjaga penampilan hewan peliharaan agar terlihat bersih dan rapi sehingga terlihat lucu.

Karena tujuan memelihara hewan peliharaan untuk dinikmati keindahan serta kelucuannya maka tidak bagus juga khan jika hewan peliharaan kita yang kita beli dengan harga yang mahal namun terlihat kotor, dekil dan kucel. Sering melakukan grooming pada hewan peliharaan juga akan membuat ikatan emosional antara pemiliki dan hewan peliharaan semakin dekat.

Cara Melakukan Grooming Sendiri Di Rumah

Agar pekerjaan untuk melakukan grooming pada hewan peliharaan kita tidak sia sia, maka kita bisa melakukan grooming ketika hewan peliharaan kita sedang rileks dan tidak poleh dipaksakan. Lakukan grooming dengan penuh perasaan sehingga hewan peliharaan yang kita grooming merasa nyaman. Khususnya untuk kucing karena pada dasarnya kucing tidak suka dimandikan. Oleh karena itu apabila kucing tidak siap untuk dimandikan maka sebaiknya anda tunda dulu keinginan anda untuk melakukannya.

Pada awal awal melakukan grooming pada kucing anda pun sebaiknya jangan terlalu lama, cukup 5 hingga 10 menit saja, baru setelah kucing anda merasa nyaman dimandikan anda bisa menambah durasinya secara bertahap.

Menyisir atau menyikat bulunya

Proses selanjutnya adalah menyikat bulunya atau brushing, brushing dalam kegiatan grooming adalah kegiatan untuk menyisir atau menyikat untuk membersihkan kotoran dari bulu hewan peliharaan dan meratakan minyak alami ke sluruh tubuhnya. Proses ini perlu dilakukan untuk mencegah kulit dan bulu hewan kesayangan menjadi kusut serta terhindar dari iritasi. Brushing dapat dilakukan seminggu sekali tergantung kondisi hewan peliharaan.

Berikut ini tata cara melakukan brushing pada hewan peliharaan khususnya kucing.

  • Lakukan penyisiran bulu dari kepala sampai ke ekor menggunakan sisir yang terbuat dari logam.Namun jika bulunya terlalu lebat anda bisa memulainya dari bagian perutnya terlebih dahulu.
  • Untuk menghilangkan rambut mati kita bisa menyisir menggunakan sikat karet dengan gerakan keatas
  • Untuk menyisir bagian ekor, sekat bulu keluar dengan cara membuat belahan dibagian tengah.

Memandikannya

Agar bulu kucing tidak kotor, lengket dan bau maka kucing atau hewan peliharaan anda juga perlu dimandikan. Gunakan shampoo khusus yang memang diformulasikan khusus untuk hewan peliharaan anda. Adapun langkah untuk memandikannya adalah sebagai berikut.

  • Awali dengan menyisir bulunya untuk menghilangkan bulunya yang rontok
  • Siapkan pijakan berupa keset yang terbuat dari karet pada wastafel agar bisa menjadi pijakan yang nyaman untuk hewan peliharaan anda
  • Isi wastafel dengan air setinggi 2 hingga 4 inchi kemudian anda bisa mulai memasukkan hewan peliharaan Anda ke dalamnya.
  • Semprot kucing untuk membasahi tubuhnya menggunakan selang semrot, tapi hindari menyemprot langsung bagian mata, hidung dan telinga.
  • Oleskan shampo dan pijat bagian kepala hingga ekor kucing
  • Bilas kucing dengan menggunakan air bersih namun jangan sampai mengenai langsung di bagian telinga, hidung dan matanya.
  • Setelah selesai keringkan hewan peliharaan anda dengan menggunakan handuk besar.

Memotong Kuku Hewan Peliharaan Anda

Salah satu tahapan yang tak kalah penting dalam kegiatan grooming adalah memotong kuku. Dalam proses ini anda harus melakukannya dengan ektra hati-hati karena sebagian besar hewan peliharaan tidak suka jika kukunya dipotong. Elus-elus dan pijat terlebih dahulu agar kucing merasa nyaman. Setelah hewan peliharaan anda merasa nyaman anda bisa melakukan pemotongan kuku dengan langkah sebagai berikut.

  • Pijat dengan lembut pada bagian kaki hewan peliharaan Anda sehingga dia merasa rileks dan memperpanjang cakarnya
  • Gunakan gunting khusus yang tajam untuk melakukan pemotongan
  • Lakukan dengan hati hati jangan sampai mengenai vena atau bagian berwarna merah pada kuku kucing atau hewan peliharaan Anda.
  • Jika tidak sengaja mengenai bagian vena dan terjadi pendarahan, gunakan obat penahan darah agar darah yang keluar segera berhenti

Itulah beberapa tahapan untuk melakukan grooming pada hewan peliharaan. Tujuan utama melakukan grooming adalah merawatnya agar bersih dan rapi serta sehat bukan untuk menyakitinya, oleh karena itu kita harus melakukannnya dengan sangat hati-hati.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close