Tanaman

Berbagai Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Jika kita berada di kampung mungkin jarak pagar (Jatropha curcas) bukan hal yang asing. Jenis tanaman ini sangat mudah kita temui. Tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk herbal oleh sebagian orang karena memiliki beberapa kandungan yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Tanaman Jarak merupakan sejenis tanaman yang berasal dari Amerika bagian selatan dan Meksiko. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis ini beberapa bagian seperti biji, daun, buah serta akarnya sering digunakan sebagai tanaman herbal yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun jarak untuk kesehatan dipengaruhi oleh beberapa zat yang terkandung dan memang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa senyawa aktidf yang terkandung didalam cdaun jarak diantaranya Alkaloid, Fitonutrien, Kaempferol, Astragalin, Nicotiflorin serta Quercetin .

Setiap senyawa memiliki fungsi masing masing beberapa diantaranya sebagai, anti inflamasi, anti bakteri, antioksidan dan beberapa manfaat lainya.

Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan

Dengan manfaat dari beberapa senyawa yang terkandung didalam daun jarak, maka daun jarak memiliki beberapa manfaat kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengatasi Masuk Angin Dan Perut Kembung

Meskipun bukan masalah serius, akan tetapi masuk angin dan perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang cukup mengganggu jika tidak segera diatasi. Cara menggunakan daun jarak untuk mengatasi masuk angin adalah dengan mengambil beberapa lembar daun jarak pagar yang masih utuh dan segar kemudian diolesi minyak (bisa mintak kayu putih maupun minyak makan). Kemudian lembaran daun jarak yang sudah diolesi dengan minyak tersebut ditempelkan pada bagian perut, daerah seputar dada maupun pada bagian punggung. Balut daun jarak tadi dengan menggunakan gurita atau selendang bayi agar posisinya tidak bergeser. Daun jarak memberikan sensasi hangat sehingga baik untuk mengatasi masuk angin dan perut kembung. Pemakaian sebaiknya dilakukan sebelum tidur agar badan menjadi hangat dan segar setelah bangun.

Mengatasi Rematik

Penyakit rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit disekitar persendian akibat terjadinya peradangan. Penyakit ini sering menyerang orang orang dewasa, dan sangat mengganggu aktivitas mereka. Ternyata daun jarak bisa dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan akibat penyakit rematik ini, caranya dengan menggunakan beberapa lembar daun jarak yang telah dibersihkan kemudian dihaluskan dengan ditambahkan sedikit air hangat. Daun yang telah dihaluskan tersebut kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Zat anti inflamasi yang terkandung didalam daun jarak akan bekerja untuk mengatasi rematik tersebut. Penggunaan daun jarak dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit semakin berkurang atau berangsur angsur membaik.

Mengobati Luka dan Menyembuhkan memar

Jarak memiliki senyawa anti bakteri, oleh karena itu daun jarak bisa digunakan untuk mengobati luka khususnya luka yang sudah terkontaminasi bakteri. Cara untuk mengobatinya cukup dengan mengambil beberapa lembar daun jarak kemudian campur dengan sedikit air lalu haluskan. Daun jarak yang sudah dihaluskan kemudian ditempelkan ke tempat luka atau memar yang akan diobati.

Manfaat daun jarak untuk mengobati Radang

Kandungan senyawa aktif didalam jarak memiliki sifat anti inflamasi, oleh karena itu daun jarak dapat digunakan untuk mengobati radang atau inflamasi, khususnya radang atau inflamasi yang terjadi pada telinga. Caranya rebus daun jarak dengan menggunakan air mendidih dalam waktu sekitar 15 menit. Kemudian, Kemudian air rebusan tersebut diminum secara teratur sampai radang menjadi sembuh.

Mengatasi Sembelit

Sembelit adalah sebuah kondisi dimana kita mengalami kesulitan untuk buang air besar. Nah manfaat lain dari daun jarak ini adalah untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Caranya adalah dengan merebus daun jarak dengan menggunakan air mendidih. Kemudian minum air rebusan daun jarak tersebut agar sembelit menjadi sembuh.

Mengatasi Sariawan

Daun jarak juga mempunyai manfaat untuk menyembuhkan sariawan. Caranya cukup mudah yakni dengan mengambil getah jarak dengan menggunakan kapas, oleskan pada bagian mulut yang terkena sariawan. Lakukan proses mengoleskan getah daun jarak tersebut 2 hingga 3 kali sehari hingga terlihat hasilnya.

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat Daun jarak dan kegunaan daun jarak selanjutnya adalah mengatasi sakit gigi. Caranya hampir sama dengan cara mengatasi sariawan dengan daun jarak yaitu dengan mengoleskan pda bagian gigi yang sakit. Kandungan fitofarmaka yang bernama alkaloid yang terdapat pada getah daun jarak, menurut penelitian yang pernah dilakukan daun jarak diklaim efektif untuk meredakan sakit gigi.

Mengatasi Keputihan pada mulut bayi

Bayi memiliki potensi untuk mengalami keputihan pada mulut bayi yang diakibatkan oleh adanya infeksi dari bakteri candida yang menempel pada bagian puting susu sang ibu. Untuk mengatasinya yang pertama dan paling utama adalah menjaga kebersihan puting susu. Yang kedua adalah mengobati keputihan pada mulut bayi tersebut dengan menggunakan daun jarak. Senyawa anti bakteri yang terkandung didalam daun jarak dipercaya ampuh mengatasi keputihan pada mulut bayi tersebut. Caranya dengan mengambil getah jarak lalu mengoleskannya pada mulut bayi.

Menghilangkan ketombe.

Daun jarak juga memiliki manfaat untuk menghilangkan ketombe. Caranya dengan mengambil daun jarak sebanyak kurang lebih 5 lembar kemudian tumbuk daun mengoleskannya pada ketombe yang ada pada rambut secara merata. Diambkan selama kurang lebih 10 menit lalu cuci rambuh sampe bersih dengan menggunakan shampo.

Efek Samping Daun Jarak

Banyaknya manfaat yang ada daun jarak tidak lantas semua daun jarak memiliki efek yang bagus. Namun ternyata selain manfaat dau jarak juga memiliki efek samping. Diantara beberpa efek samping daun jarak tersebut adalah

  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan lambung
  • Iritasi usus
  • Mual-mual
Apabila anda mengalami gejala efek samping mengkonsumsi daun jarak seperti tersebut diatas segera menghubungi dokter terdekat untuk berkonsultasi dan memperoleh pertolongan pertama.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close