Lainnya

Cara Beternak Marmut Agar Cepat Berkembang Biak

Marmut (Marmota) merupakan hewan pengerat yang lucu. Hewan yang mirip kelinci tapi memiliki daun telinga yang jauh lebih pendek dari kelinci ini bisa hidup hingga 10 tahun dengan rata rata 5 hingga 7 tahun. Hewan pengerat satu ini banyak disukai oleh para penghobi karena bentuknya yang imut dan lucu menggemaskan. Nah ini adalah peluang bagi peternak untuk mengembangbiakannya. Akan tetapi ternyata masih ada beberapa calon peternak atau peternak pemula yang tidak begitu tau bagaimana cara beternak marmut agar bisa berkembang biak dengan baik.

Dalam dunia peternakan salah satu hal yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk memulai beternak adalah mengenali karakteristik hewan yang akan dipelihara. Termasuk juga ketika anda ingin beternak marmut, maka anda wajib mengetahui karakter marmut itu sendiri. Mengetahui karakter marmut akan mempermudah kita untuk berhasil dalam beternak marmut.

Selain mengetahui karakternya kita juga harus memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan kandang, pakan marmut, dan perawatan bulu dan kukunya. Pemilihan bibit juga mempunyai andil yang besar untuk keberhasilan dalam mengembangbiakkan hewan pengerat ini. Pilih bibit yang sehat serta terbebas dari segala macam penyakit. Kesehatan marmut dapat dilihat dari beberapa kondisi fisiknya seperti kondisi bulunya, matanya, serta ukuran badannya.

Sebagai permulaan ketika anda ingin mengembang biakkan marmut ini anda bisa membeli 1 ekor jantan dan 3 ekor betina untuk dijadikan sebagai indukan. Akan tetapi jangan lupa untuk mempersiapkan kandangnya, pakan serta perlengkapannya terlebih dahulu. Karena marmut termasuk hewan yang aktif bergerak maka diperlukan kandang yang luas setidaknya berukuran 0,5m x0,5 meter untuk satu ekor agar mereka bebesa bergerak. Tapi jika kandang digunakan untuk lebih dari 1 ekor ukuran kandang minimal harus 0,7m.

Pastikan kita menggunakan kandang yang memiliki banyak ventilasi sehingga tidak membatasi pandangan mereka, kandang berupa container plastik atau aquarium sangat tidak dianjurkan . Kandang yang direkomendasikan adalah material kandang yang terbuat dari mesh dan lembaran coroplast.

Setelah mempersiapkan kandang, hal yang tak kalah penting juga adalah mempersiapkan perlengkapan. Perlengkapan yang paling penting adalah bedding atau alas tidur yng ditempatkan didalam kandang sebagai alas tidur si marmut. Material bedding bisa menggunakan serutan kayu aspen. Agar aspen tidak bau dan marmut tetap sehat maka material bedding harus rutin diganti. Perlengkapan yang tak kalah penting juga yaitu botol air minum, tempat untuk meletakkan makanan, rak jerami, kotak kecil sebagai tempat berlindung. Bisa juga kita menambahkan mainan seperti kincir atau roda untuk tempat bermainnya.

Pemberian pakan juga harus mendapatkan perhatian khusus, karena marmut adalah hewan yang mempunyai nafsu makan yang tinggi. Kita bisa memberikan pelet khusus marmut sebagai makanan pokoknya, bisa juga kita berikan makanan seperti selada, peterseli, bayam, wortel dan tomat. Hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah perawatan bulu. Untuk melakukan perawatan bulu kita bisa menggunakan samphoo yang memilki formula khusus, lalu setelah selesai dishampoo dilanjutkan dengan menyisirnya agar bulunya tetap rapi dan sehat. Selain itu kita harus melakukan pemotongan kukunya secara berkala.

Dengan persiapan yang baik serta langkah langkah yang benar dalam beternak marmut ini, besar kemungkinannya marmut akan lebih sehat dan bisa berkembang biak dengan baik dan optimal. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang ingin membudidayakan marmut baik itu untuk tujuan komoersil maupun yang hanya sekedar sebagai hobi saja.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close