Lainnya

Cara Budidaya Lalat Tentara Hitam Atau BSF (Black Soldier Fly) Untuk Pemula

Lalat Tentara Hitam atau lebih sering dikenal dengan nama BSF (Black Soldier Fly) adalah salah satu jenis lalat yang banyak ditemukan di tempat-tempat yang terdapat sampah organik. Larva ini memanfaatkan limbah tersebut sebagai sumber makanannya (Wikipedia).
Lalat yang memiliki nama ilmiah Hermetia illucens ini memanfaatkan limbah sampah organik untuk sumber makanan utamanya. Larva atau maggot BSF mengandung bakteri selulotik yang mampu menghasilkan enzim selulose untuk menghidrolisis selulosa yang terdapat pada sampah organik.

Dengan budidaya maggot BSF maka kita dapat mengurangi banyaknya sampah organik disekitar kita. Salah satu keuntungan lain yang banyak dimanfaatkan oleh banyak peternak adalah memanfaatkan maggot lalat tentara hitam ini sebagai pakan ternak.

Langkah langkah budidaya Lalat Tentara Hitam atau BSF
Penentuan Lokasi Budidaya
Sebenarnya lalat tentara hitam ini dapat dibudidayakan di manapun, namun akan lebih maksimal jika dilakukan di ruang tertutup namun cahaya masih bisa masuk. Lokasi budidaya maggot BSF ini sebaiknya jauh dengan kawasan industri, jalan raya maupun dapur agar tidak tercemar. Suhu ruangan yang direkomendasikan untuk budidaya maggot BSF antara 25-28 derajat celcius.

Persiapan Media Budidaya
Media budidaya maggot bisa menggunakan rak susun yang terbuat dari kayu atau bisa juga dengan menggunakan bambu. Desain rak susun menggunakan model terbuka bagian samping kanan dan kiri. Lalu tempatkan nampan atau tray sebagai alas. Bisa menggunakan terpal jika ada menginginkan lebih praktis. Setelah itu isi media dengan menggunakan tanah dengan perbandingan 1:1. Campurkan juga popok kompos degan media pasir tapi dengan perbandingan 2:1. Masukkan pada terpal atau tray hingga mencapai ketebalan 1 sampai dengan 3 cm.

Persiapan Bibit Larva BSF
Anda harus memastikan bahwa bibit lalat tentara hitam (Black Soldier Fly) berkualitas dan layak dibudidayakan. Pilih indukan yang memiliki kualias yang baik. Kemudian letakkan bibit di ruangan nursery dan juga berikan sampah orfganik sebagai media untuk bertelur.

Pemeliharaan Larva BSF dalam budidaya Lalat Tentara Hitam
Setelah lalat tentara hitam bertelur, pindahkan telur tersebut ke media penetasan sekaligus pemeliharaan yang telah dipersiapkan.

Kemudian tunggu selama kurang lebih 5 hari sampai telur BSF menetas, setelah telur menetas anda sudah bisa memberinya pakan berupa sampah organik seperti sayuran, sisa buah buahan dan lain sebagainya. Karena BSF cukup rakus pastikan anda rutin memberi makan sebanyak 3 kali sehari. Semakin banyak makanan yang anda berikan maka akan semakin cepat juga larva lalat BSF dapat kita panen.

Masa Panen Maggot BSF
Maggot hasil budidaya lalat tentara hitam dapat kita panen dalam waktu 10 hari setelah menetas. Cara memanennya yaitu dengan memisahkannya dari media budidaya yang digunakan. Setelah memanennya maka langkah selanjutnya adalah dengan penyortiran.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close