Ternak

Cara Merawat Kelinci Agar Tetap Sehat Dan Berkembang Dengan Baik

Meskipun banyak orang yang suka memelihara kelinci, namun tidak banyak yang tau bagaimana cara merawat kelinci yang baik agar kelinci tetap sehat dan bisa berkembang dengan cukup baik. Pengetahuan mengenai perawatan kelinci sangat penting karena kelinci juga agak rentan terhadap penyakit seperti scabies, kembung dll. Beberapa penyakit tersebut jika tidak ditangani dengan baik bisa berakibat fatal bahkan hingga menyebabkan kematian.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai bagaimana merawat kelinci yang baik dan benar mungkin kita juga perlu belajar mengenai jenis jenis kelinci, penyakit yang sering menyerang kelinci dan cara mengatasinya, cara membedakan jenis kelaminnya, karakter kandang yang baik dan nyaman untuk kelinci dan lain sebagainya agar kita dapat lebih maksimal dalam merawat kelinci-kelinci kita.

Berikut ini cara merawat kelinci yang baik dan benar agar kelinci tetap sehat dan berkembang dengan baik.

Memilih Kandang Sebagai Tempat tinggal Kelinci

Yang pertama yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana mencari atau memilih kandang sebagai tempat tinggal kelinci. Tempat kelinci yang paling baik adalah didalam ruangan, karena beberapa jenis kelinci tidak bisa beradaptasi dengan baik dengan suhu ekstrim. Selain itu kelinci juga sensitif terhadap pemangsa, bahkan hanya dengan mendengar atau melihat binatang buas atau hewan pemangsa di sekitarnya kelinci bisa mengalami ketakutan, tertekan, stres, bahkan bisa berakibat kematian karena serangan jantung.
Apabila ingin ditempatkan didalam kandang, pilih kandang yang memiliki ukuran agak luas minimal 10x lebih besar dari ukuran tubuhnya agar kelinci bisa lebih leluasa bergerak, karena kelinci termasuk hewan yang aktif bergerak. Apabila kandang kelinci terbuat dari jeruji besi atau kawat letakkan pelindung atau alas agar kelinci bisa berpijak dengan nyaman.

Ketika kelinci ditempatkan didalam kandang, kelinci juga harus rutin dikeluarkan dari kandang stiap harinya, agar kelinci bebas bergerak dan tetap sehat.

Siapkan tempat kotoran kelinci

Kelinci adalah hewan peliharaan yang memiliki kecenderungan untuk buang air besar dan kecil dalam satu area. Oleh karena itu buatkan tempat mereka untuk melakukan buang kotoran ditempat berukuran sedang dan dangkal didekat area pemberian pakan. Namun apabila kelinci anda bebaskan berkeliaran dalam ruang yang luas, tempatkan beberapa wadah kotoran di beberapa tempat. Kadang tempat kotoran juga sering digunakan kelinci sebagai tempat bersantai oleh karena itu pilih tempat yang sedikit lebih besar.

Pemberian Pakan Yang Seimbang

Pemberian makanan merupakan bagian dari cara merawat kelinci yang paling penting. Kelinci mempunyai sistem pencernaan yang cukup kompleks, oleh karena itu penting bagi kelinci untuk mendapatkan makanan yang tepat dan seimbang. Pemberian makanan yang tidak sesuai bisa mengakibatkan gangguan kesehatan pada kelinci. Beberapa makanan dasar yang bisa kita gunakan sebagai makanan kelinci adalah sebagai berikut.

  • Rumput Jerami
    Rumput jerami menyediakan kebutuhan serat kelinci serta membantu sistem pencernaan agar kelinci tidak terkena masalah kesehatan seperti mencret, bola rambut, obesitas dan lain sebagainya.
  • Sayuran
    Sayuran dengan daun berwarna hijau gelap seperti selada, daun ketumbar, peterseli dll juga merupakan makan dasar bagi kelinci dewasa. Berikan variasi dengan memberikan 3 jenis sayuran sekaligus, akan tetapi ketika kita baru memperkenalkan sayuran pada kelinci kita sebaiknya lakukan secara bertahap satu persatu dengan jumlah yang terbatas.
  • Buah dan Camilan
    Wortel sebetulnya bukan makanan pokok untuk kelinci, kita hanya memberikannya sebagai makanan tambahan atau camilan, sebaiknya tidak memberikannya sebagai makanan pokok karena wortel adalah sayuran bertepung. Camilan lain yang bisa diberikan kekelinci seperti blueberry, pepaya, apel stroberi, melon, persik, prem, atau pir. Buah yang memiliki rasa manis juga bs diberikan kepada kelinci namun jangan terlalu berlebihan.
  • Pelet

    Sebaiknya pelet tidak digunakan sebagai makanan utama untuk kelinci, namun pelet dipakai sebagai suplemen tambahan untuk kebutuhan nutrisi bagi kelinci. Kita hanya boleh memberikannya dalam jumlah kecil setiap harinya (1/8 -1/4 cangkir per lima pon berat badan per hari) yang diberikan 2 kali pemberian pakan. Pelet yang diberikan juga sebaiknya pelet yang berbasis Timotius, karena banyak dari pelet yang kandungan kalorinya terlalu tinggi

  • Air

    Air merupakan kebutuhan penting bagi setiap makhluk hidup, termasuk kelinci. Berikan air bersih sebagai minuman untuk kelinci, jaga kebersihannya dengan menggantinya setidaknya satu kali dalam sehari. Jika anda menggunakan botor sipper, pastikan kelinci tahu cara minum menggunakan botol sipper. Apabila menggunakan wadah lain pastikan bahwa tempat air tidak mudah tumpah.

Makanan yang perlu dihindari

Kelinci memiliki sistem pencernaan yang sensitif, oleh karena itu perlu menghindari beberapa jenis makanan seperti,tomat, kol, kacang polong, bawang merah bit,biji-bijian, bambu, jagung, kentang, kelembak, kacang polong dan beberapa makanan lain. Hindarkan juga kelinci dari beberapa jenis tanaman hias dan umbi-umbian karena bisa beracun bagi kelinci.

Pahami Cara Memegang Kelinci

Cara memegang kelinci juga perlu diperhatikan dalam merawat kelinci karena kelinci termasuk hewan yang rapuh sehingga perlu kehati-hatian untuk memegangnya. Kelinci yang memberontak ketika dipegang bisa mengakibatkan cidera bahkan sampai patah tulang. Banyak orang awam yang memegang kelinci dengan cara dipegang telinganya, padahal ini adalah cara yang salah. Memegang kelinci yang benar adalah meletakkan satu tangan dibagian bawah depan kelinci dan tangan yang lain dibawah punggung kelinci, kemudian angkat dengan hati hati. Jangan membiarkan kelinci menggantung bebas ketika diangkat dan juga jangan mengangkat dibagian perut atau telinganya. Kelinci juga senang dibelai dibagian kepala, sehingga membelai kelinci dibagian kepala akan membuatnya nyaman.

Pelihara lebih dari satu ekor kelinci

Kelinci merupakan hewan sosial yang senang jika ada teman lainnya, oleh karena itu jangan memelihara kelinci hanya satu ekor saja, setidaknya anda harus memelihara kelinci minimal satu pasang, agar kelinci lebih bahagia dan lebih berumur panjang.

Itu dia beberapa cara merawat kelinci agar tetap sehat berkembang dengan baik dan berumur panjang. Memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh kelinci akan membuat kelinci menjadi sehat dan lebih bahagia.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close