Ternak

Ciri dan Kriteria Kambing Etawa Super

Kambing etawa atau disebut juga kambing Jamnapari adalah jenis kambing yang didatangkan dari India. Kambing etawa super dikenal memiliki ukuran yang cukup besar tingginya bisa berkisar antara 90 hingga 127 centimeter untuk yang berjenis kelamin jantan sedangkan betinanya sekitar 92 centimeter. Bobot tubuh Kambing ini bahkan bisa mencapai 93 kilogram untuk jantannya dan bisa mencapai 63 kilogram pada betinanya. Selain bertubuh besar ciri Kambing etawa super ini memiliki daun telinga yang panjang yang terkulai kebawah dan memiliki dahi dan hidung yang cembung, sedangkan tanduknya pendek baik jantan maupun betina.

Ciri Kambing Etawa Super

Mengenai ciri kambing berkualitas super dari kambing etawa ini sebenarnya sudah banyak yang membahasnya, namun sebagian besar pembahasannya untuk kambing kualitas kontes, bukan kambing etawa secara keseluruhan yang kadang memberikan persepsi yang kurang tepat mengenai kambing jenis ini. Memilih bibit yang memiliki kualitas bagus tentu merupakan prioritas bagi peternak agar memperoleh hasil yang lebih baik. Ada 2 jenis kambing etawa yang akan kita bahas disini yakni kambing etawa senduro, kambing etawa kaligesing.

Kambing Etawa Senduro Super

Kambing Etawa Senduro Super
source:usaharumahan.id
Kambing jenis ini adalah kambing etawa endemik dari daerah Senduri, Lumajang, Jawa Timur. Sejak 2008 etawa senduro ini mulai menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini cari dari Kambing Etawa Senduro super.

Postur Tubuh

Postur tubuh Senduro yang berkualitas super yang pertama adalah memiliki postur yang tinggi dengan lingkar dada yang besar. Selain itu ia juga memiliki tulang yang besar, bisa di lihat dari diameter tulang kakinya.
Jenis Senduro ini bahkan bisa mencapai tinggi hingga 1 meter maksimal ketika sudah berumur satu setengah tahun. Sedangkan untukuran cempe yang sudah siap lepas sapih atau umur 4 bulan tingginya bisa mencapai 65cm-70cm.

Bobot Kambing

Dengan postur yang sudah disebutkan sebelumnya tentu akan menentukan berat kadi Kambing etawa senduro super ini. Untuk jenis kelamin jantan pada usia 1 tahun bobotnya bisa mencapai 90-100kg.

Warna Bulu

Kambing Etawa jenis ini memiliki nilai tambah jika warna bulunya putih menyeluruh. Meskipun kebanyakan berwarna putih namun ada juga yang memiliki bercak warna coklat atau bahka coklat secara keseluruhan.

Telinga

Nilai tambah yang lain adalah telinganya yang cukup panjang lentur serta berbentu melintir atau seperti terpilin. Hal itu karena memang mayoritas kambing etawa senduro bertelinga panjang tapi karakternya tidak selalu seperti itu. Panjang telinga dari Kambing Etawa Senduro super ini bisa mencapai panjang 30-hingga 40 cm pada kambing dewasa.

Bentuk Kepala

Bentuk kepala yang paling diminati pada kambing Etawa Senduro Super adalah berbentuk cembung atau roman nosed. Tidak semua kepala Senduro berbentuk seperti ini. Pada jantannya juga terdapat gelambir tebal yang menggantung di leher. Semakin besar dan tebal maka semakin tinggi nilai estetikannya.

Tanduk

Jika pada beberapa jenis kambing lain adanya tanduk menjadi nilai tambah, tapi berbeda dengan Senduro ini yang tidak memiliki tanduk justru memiliki nilai tambah. Kambing etawa yang tidak bertanduk ini bisa menjadi nilai plus pada Kambing Etawa Senduro Super.

Kambing Etawa Kaligesing Super

Kambing Etawa Kaligesing Super
source:kambingkaligesing.wordpress.com
Kambing etawa jenis ini berasal dari daerah Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Jenis ini lebih dahulu populer dari jenis Senduro tak heran jika populasinya juga lebih banyak. Adapun beberpa ciri khas kambing etawa kaligesing berkualitas super adalah sebagai berikut.

Postur Tubuh

Kriteria kambing etawa kaligesing super memiliki postur yang tinggi memanjang. Untuk etawa kaligesing tidak mengedepankan bobot seperti pada etawa senduro.

Warna Bulu

Warna yang masuk kriteria super adalah berwarna hitam dari bagian kepala hingga kedada. Kambing etawa kaligesing ini biasanya berwarna coklat (orang menyebutnya juga merah) dan hitam.

Telinga

Telinga Kambing Etawa Kaligesing Super berukuran panjang lurus, lemas serta terlipat rapi kedepan. Dalam kontes kambing etawa bentuk kuping seperti ini memiliki nilai mutlak dan juga sebagai pembeda dengan jenis lain. PAnjang telinga pada jenis Kaligesing ini saat masih cempe umur 4 bulan mencapai 30 cm sedangkan pada dewasanya bisa mencapai 35-40cm.

Bentuk Kepala

Bentuk kepala kriteria super pada jenis kaligesing ini adalah berbentuk cembung atau orang jawa menyebutnya nonong, sedangkan dagu bawahnya menonjol kedepan. Pada kambing jantan terdapat gelambir tebal di lehernya.

Tanduk

Semua Kambing etawa kaligesing memiliki tanduk, sedangkan yang termasuk dalam kriteria super tanduknya memanjang kebelakang. Sebaiknya hindari bentuk tanduk yang melengkung kekepala si kambing.

Bulu

Bulu kambing kaligesing biasanya lebih panjang dibandingkan senduro, Dibagian kaki belakang, bulunyai tampak semakin lebat, lurus serta panjang terutama jika sudah memasuki usia dewasa.

Bentuk Ekor

Bagi penggemar kambing kontes, kambing yang memiliki ekor ekor yang tegak seprrti ekor tupai lebih banyak diminati. Bulu ekor mengikuti bulu kaki belakang yang lebat dan lurus.

Alat Reproduksi

Pada Kambing etawa kaligesing super jantan kedua testisnya berbentuk sempurna dengan ukuran yang sama besar dan berwarna hitam yang menjadi nilai tambah dari jenis kambing ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close