Lainnya

Jenis – Jenis Hamster Yang Populer Di Indonesia

Jika kamu pingin punya hewan peliharaan yang lucu tapi perawatannya simpel dan tidak kotor, maka kamu bisa memilih hamster sebagai hewan peliharaanmu. Walaupun bentuknya mirip tikus dan masuk dalam ordo rodentia atau hewan pengerat, tapi anda tak perlu khawatir karena hamster bukanlah termasuk jenis tikus.

Memelihara hamster sangatlah simpel dan tidak merepotkan, selain tidak memerlukan kandang yang besar, hewan pengerat ini juga cukup mudah makanannya. Jadi siapa saja bisa memelihara hewan peliharaan yang lucu ini.

Hamster adalah hewan pengerat yang berasal dari daerah sub tropis seperti Rusia, Mongolia, Cina bagian utara dan Siria, awalnya hewan ini merupakan hewan yang digunakan untuk percobaan di laboratorium, namun lambat laun mungkin karena bentuknya yang lucu, maka banyak orang yang tertarik untuk memelihara.

Hamster merupakan hewan malam yang banyak melakukan aktifitas seperti mencari makanan, bermain, dan berkembang biak banyak dilakukan pada malam hari. Akan tetapi ia juga tetap berperan aktif pada waktu siang hari. Sebelum kamu tertarik untuk memelihara hewan pengerat lucu ini, sebaiknya kamu juga sedikit belajar mengenai jenis dan karakter hamster yang akan kamu pelihara.

Jenis-Jenis Hamster

Setiap jenis biasanya memiliki karakternya sendiri-sendiri, sehingga anda juga harus mengenalinya dengan baik agar kamu tahu bagaimana cara memeliharanya dan memahami perilakunya. Berikut ini beberapa jenis hamster beserta karakter yang dimilikinya.

Hamster Syrian

hamster syrian
source:pinterest.com

Sesuai dengan namanya Hamster ini berasal dari Siria atau tepatnya di Aleppo. Hewan ini sering juga disebut sebagai Giant hamster karena ukurannya yang lebih besar dari hamster jenis lainnya. Hewan betinanya biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jantannya. Sebenarnya hewan ini termasuk hewan liar yang tidak boleh dipelihara dan diperjual belikan. Namun pada kenyataannya justru banyak dipelihara dan dipejual belikan di banyak pet shop.

Yang menjadi alasan kenapa hamster ini justru banyak dipelihara adalah karena hewan ini justru sangat mudah untuk dijinakkan. Gerakannya juga sedikit lamban sehingga aanak anak juga bisa dengan mudah memegangnya. Karena warna asli mantel bulunya kuning emas, maka hewan ini juga sering disebut sebagai Golden Hamster. Selain ukurannya yang terbesar hewan ini juga memiliki bulu yang terpanjang dibanding ukuran jenis lain, bahkan karena begitu panjangnya sehingga menutupi perut sehingga bentuknya seperti rok panjang. Bahkan karena bulunya yang panjang ini, dia juga sering dianggap sebagai hamster anggora.

Hamster Campbell

Hamster Campbell
source:therealhamsterfacts.wixsite.com

Campbell ini juga cukup populer bahkan tak kalah dengan kepopuleran syrian. Bedanya jika syrian adalah hamster berukuran besar, ukuran dari campbell justru cukup mini. Selain bentuknya yang mini dan terlihat imut dia juga aktif dan yang paling penting harganya juga sangat murah. Dia juga suka menggigit apalagi jika belum mengenali majikannya oleh karena itu ia dianggap hewan yang cepat marah dan juga disebut “Mad Hamster”. Karena suka menggigit dan kabur maka campbell ini tidak cocok jika dipelihara oleh anak anak karena gigitanya bisa sampai berdarah.

Namun jika kita berhasil menjinakkannya, campbell ini bisa menjadi hamster yang penurut, aktif dan suka mengajak bermain-main. Hamster campbell sendiri memiliki 19 jenis varian. Mengenai jenis jenis hamster campbell ini insya Alloh jika ada kesempatan akan kita bahas dilain waktu.

Hamster Winter White

Winter White hamster
source:pinterest.ca

Winter White berasal dari padang rumput bersalju, di wilayah utara Kazakhstan dan Siberia. Winter white ini masih kerabat dengan jenis campbell. Yang membedakan keduanya adalah jenis whiter white ini ukuranya lebih kecil dibandingkan campbell. Variasi warnanya juga tidak sebanyak campbell, winter white hanya memiliki 3 varian warna normal yakni warna putih salju, pearl dan sapphire. Uniknya si mungil ini akn berubah warna menjadi putih salju jika berada di suhu dingin atau bersalju, dan akan berubah warna menjadi warna asalnya ketika di suhu normal, oleh karena itu predator akan kesulitan mengenalinya.

Sama halnya dengan jenis Campbell, winter white ini juga suka menggigit sebagai perlindungan diri ketika ia merasa terancam atau terganggu. Tapi jenis ini merupakan hamster yang malas, ia akan lebih suka tidur dibandingkan bermain-main. Aslinya winter white hanya memiliki 3 jenis saja winter white pearl, winter white agouti dan winter white shapire sedang jenis jenis seperti golden, violet, blue argente serta dan pearl mata merah merupakan jenis hybrid yang merupakan hasil persilangan antara campbell dengan winter white.

Hamster Roborovski

hamster Roborovski
source:flickr.com

Roboroski merupakan jenis hamster yang berasal dari Mongolia Timur wilayah utara daratan Cina. Diantara hamster mini Roboroski adalah hamster mini yang memiliki ukuran tubuh paling kecil, walaupun begitu harga jual jenis ini cukup mahal. Gerakan Roboroski ini cukup lincah, mungkin karena dia memiliki tubuh yang mungil dan enteng. Jenis ini juga cukup sulit untuk dijinakkan walaupun dia tidak suka menggigit.

Jenis ini hanya memiliki 2 mantel bulu, yaitu Agouti diatas matanya terdapat warna putih yang mirip dengan alis dan di perut kemudian pada bagian hidung ke atas hingga punggung berwarna coklat pasir keemasan. Jenis yang kedua yaitu White Face, seluruh bulu diwajahnya berwarna putih namun ada juga yang mempunyai sedikit garis abu-abu.

Hamster Hybrid

Hamster hybrid
source:pinterest.com

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya hamster hybrid adalah jenis yang merupakan hasil kawin silang antara campbell dengan winter white. Di negara barat persilangan kedua jenis seperti ini sebenarnya tidak diperbolehkan, karena dikhawatirkan akan menghilangkan kemurnian jenis induk aslinya. Oleh karena adanya pertentangan tersebut jenis ini gak sulit ditemukan.

Hybrid sendiri sebenarnya tidak hanya perkawinan antara campbell dan winter white tapi bisa juga dari perkawinan jenis lain seperti syrian dan campbell dll karena beberapa jenis tersebut termasuk dalam subfamili yang sama.

Pembawaan dari hamster jenis ini cukup tenang meskipun ia lincah dan penakut. Selain itu hybrid juga suka menggigit walaupun gigitannya tidak separah campbell atau winter white. Kelemahan dari hamster jenis hybrid ini adalah dia cukup mudah terkena penyakit.

Hamster Cina

Hamster Cina
source:okdogi.com

Di Indonesia tidak banyak yang memelihara jenis ini, tapi ia cukup banyak diminati di Negara negara barat terutama Amerika dan Inggris. Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika hewan pengerat ini berasal dari daratan utara Cina dan juga Mongolia. Meskipun ukuran tubuhnya juga kecil namun ia tidak bisa digolongkan sebagai hamster mini. Jenis ini memiliki pembawaan yang ramah dan tenang sehingga sangat mudah untuk dijinakkan. Meskipun memiliki sifat seperti itu namun jika merasa terancam atau terganggu dia akan menggigit.

Jenis cina ini memiliki mantel bulu yang menempel pada kulitnya dan banyak. sedangkan untuk variannya ada 2 macam yakni warna normal berwarna abu-abu dengan garis warna coklat gelap atau hitam yang terlihat jelas di punggung serta warna putih di bagian perutnya. Untuk warna lainya memiliki warna terang, mantel bulunya berwarna putih dengan garis hitam pada bagian punggung. Jantannya biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan betinanya.

Hamster Eropa

hamster eropa
source:pinterest.com

Sering juga disebut black-bellied hamster atau Alscae hamster. Pada awalnya hewan ini banyak ditemukan di daerah pedesaan yang lokasinya dekat dengan daerah industri pertanian, khususnya pada ladang gandum. Populasinya yang cukup banyak membuat hamster eropa ini dianggap sebagai hama.

Karena dianggap sebagai hama pertanian maka para petani berusaha untuk melakukan pembasmina terhadap hamster eropa ini. Hingga ditahun 1970 berkurangnya populasinya cukup terasa sehingga ditahun 1979 statusnya berubah menjadi hewan yang sangat dilindungi. Bahkan ditahun 2007 jenis ini sudah termasuk hewan yang sudah terancam kepunahannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close