Ikan

Jenis – Jenis Ikan Cupang Yang Sering Dipelihara

Ikan Cupang (Betta SP) merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang cukup banyak peminatnya, Ikan berekor indah ini memang cukup mudah perawatannya jika dibandingkan dengan jenis ikan hias air tawar lainnya. Saking mudahnya ikan ini bisa bertahan hidup di tempat dengan air yang sedikit. Selain itu tidak diperlukan alat sirkulasi udara untuk memasok oksigen dalam memelihara ikan ini. Ikan yang memiliki ekor berwarna warni yang indah ini berasal dari berbagai daerah di negara negara Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Secara Spesies sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan cupang bahkan hingga mencapai 73 spesies yang tersebar diseluruh dunia. Akan tetapi orang orang lebih sering mengelompokkannya menjadi 3 kelompok, yaitu ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan juga ikan cupang liar. Ikan cupang hias dan aduan adalah jenis ikan cupang yang banyak dipelihara dan dibudidayakan, sedangkan ikan cupang liar ada ikan yang masih di habitat alamnya seperti danau, rawa-rawa, sawah ataupun selokan.

Cara Membedakan Antara Ikan Cupang Aduan Dan Ikan Cupang Hias

Pada dasarnya keduanya memiliki sifat agresif dan akan menyerang jika ada musuh didekatnya, akan tetapi ada beberapa perbedaan mendasar yang bisa menjadi pembeda antar keduanya. Berikut ini beberapa perbedaan antara ikan cupang hias dan ikan cupang aduan.

Cupang Aduan

Adalah jenis ikan cupang yang biasa dipakai sebagai aduan, meskipun populer dan banyak di konteskan di Asia Tenggara, namun di Amerika Serikat mengadu cupang dianggap sebagai sebuah pelanggaran. Perawakan ikan cupang aduan terlihat kokoh dan umuran tubuhnya terlihat sama dari leher hingga ekornya. Selain itu ikan ini juga memiliki mulut yang besar dan kokoh. Gerakannya agresif dan sangat cepat, jika didekati oleh musuh, siripnya akan langsung mengembang dan siap menghajarnya.

Cupang Hias

Cupang hias diminati karena dilihat dari keindahan bentuk dan warnanya, yang memiliki beragam warna seperti biru, merah, kuning, ungu atau kombinasi dari beberapa warna tersebut. Bentuk sirip dan ekornya cukup unik dan sangat cantik. Tidak seperti cupang aduan yang gerakannya sangat cepat cupang aduan gerakannya sedikit lebih lambat meskipun keduanya sama-sama agresif.

Jenis Ikan Cupang Yang Bagus Dan Sering dipelihara

Meskipun sebenarnya ada 73 jenis, namun yang populer dan sering dipelihara hanya beberapa macam saja. Dan inilah beberpa jenis ikan betta yang populer dipelihara oleh para penghobi.

1. Halfmoon (Bulan Sepotong)

ikan cupang bulan sepotong betta halfmoon
source:tumblr.com

Ikan cupang jenis ini cukup populer dikalangan pecinta ikan cupang, salah satu ciri khasnya adalah sirip dan ekornya tampak menyatu satu dengan yang lainnya. Disebut sebagai bulan separuh karena sirip dan ekor tersebut menyatu membentuk setengah lingkaran layaknya bulan yang terlihat separuh. Populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar khususnya cupang karena selain memiliki warna warni yang indah harga ikan cupang halfmoon juga cukup terjangkau.

2. Serit (Crown Tail)

ikan betta ikan cupang serit crowntail
source: pixabay.com

Ini adalah jenis ikan cupang yang dikembangkan oleh breeder asal Indonesia, dan akhirnya mendunia karena keindahan tubuhnya. Karakter ekor dari cupang serit cukup berbeda dengan jenis lainnya. Disebut juga Crown tail karena jika ekornya menghadap keatas maka serit serit pada ekornya akan membentuk pola seperti sebuah mahkota. Tulang tulang serit pada ekornya tersebut terpisah antara satu dengan yang lainnya.

3. Giant (Raksasa)

giant betta fish ikan cupang giant
source:petzonesd.com

Disebut Giant karena ikan cupang ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Cupang jenis giant ini dikembangkan pertama kali oleh breeder dari Thailand. Semua jenis cupang sebenarnya bisa menjadi cupang Giant ini.

4. Double Tail

Ikan Cupang betta double tail
source:popoptiq.com

Jika dilihat sekilas jenis ini mirip sekali dengan halfmoon, akan tetapi double tail memiliki ekor ganda atau bercabang dua. Untuk variasi warna cupang ini memiliki cukup banyak variasi warna, akan tetapi sayangnya jenis ini termasuk jenis yang cukup sulit dikembangkan.

5. Plakat (Petarung)

ikan betta cupang plakat
source:renasfishstore.ca

Ini merupakan jenis cupang aduan yang banyak beredar di pasaran. Jenis ini berasal dari Thailand, bahka nama Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya petarung. Plakat memiliki ciri khas ekor dan siripnya yang berukuran pendek. Ikan betta ini bisa berukuran cukup besar bahkan bisa mencapai 12cm, karena ukurannya itulah maka harga ikan cupang jenis plakat relatif lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close