Lainnya

Jenis Jenis Marmut Yang Bisa Jadi Hewan Peliharaan Kamu

Marmut atau guinea pig adalah hewan pengerat yang lucu yang masih dalam familia Sciuridae dengan genus Marmota. Habitat asli marmut umumnya di daerah pegunungan. Hewan kecil nan lucu ini bisa hidup antara 15 hingga 18 tahun. Hewan satu ini sudah jamak sebagai hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Adapun marmut sendiri memiliki beberapa jenis, setiap jenis memiliki ciri yang berbeda.

Jenis Jenis Marmut

Hewan pengerat satu ini ternyata ada banyak sekali jenisnya, otakkopong kali ini akan membahas apa saja jenis jenis marmut dan apa saja ciri-cirinya. Berikut ini sebagian dari jenis marmut yang ada di dunia.

1. Skinny

skinny guinea pig atau marmut skinny
source:pets4homes.co.uk

Jenis yang satu ini adalah jenis marmut yang tidak memiliki bulu atau hairless, akan tetapi bukan berarti tidak memiliki bulu sama sekali karena ada bagian bagian tertentu yang terdapat bulu walaupun hanya sedikit sekali seperti bulu pada hidung dan sekitar kepalanya. Ketika baru lahir Skinny benar benar tanpa bulu baru kemudian tumbuh sedikit seiring bertambah umurnya.

2. Skinny Carrier

Marmut skinny carrier
source:hairlesshilltophunks.com

Skinny carrier merupakan hasil persilangan antara skinny dengan jenis normal. Kemungkinan hasil perkawinan silang antara skinny dengan skinny carier kemungkinan 25% menghasilkan normal, 25% menghasilkan skinny dan 50% skinny carrier. Sedangkan apabila menyilangkan skinny carrier dengan skinny murni kemungkinan akan menghasilkan 50% skinny dan 50% skinny carrier. Begitu juga jika dikawinkan dengan jenis normal maka hasilnya juga 50:50.

Marmut Werewolf

Marmot Werewolf atau werewolf guinea pig
Werewolf adalah termasuk jenis skinny yang dibedakan, jenis ini sedikit memiliki lebih banyak bulu jika dibanding dengan skinny. Tidak semua bagian tubuh dari hewan yang juga sering disebut marmot ini ditumbuhi bulu, biasanya hanya sebagian saja dan sebagiannya botak seperti skinny.

Marmut Lakeland

marmut lakeland
source: pets4homes.co.uk

Lakeland juga hasil persilangan antara skinny atau skinny carrier dengan jenis lainnya. Awalnya lakeland termasuk jenis skinny carrier yang dibedakan. Karena ketika awal lahir memiliki bulu keriting namun berubah lurus seiring perkembangan umur.

American Crested

American Crested Marmut
Marmut Jenis American Crested ini hampir sama dengan American tapi memiliki mahkota seperti pada jenis coronet. Sering juga disebut White crested merujuk pada mahkotanya yang berwarna putih yang berbeda dengan bulu lainya.

English Crested

Marmut English crested
Ini hampir mirip dengan American crested hanya saja pada american crested mahkotanya berwarna putih , tapi pada jenis ini mahkotanya sama dengan waran tubuhnya. Marmut English crested ini juga sering disebut UK crested.

Marmut American

Marmut American
source:squeaksandnibbles.com

Marmut American banyak kita temui dipasaran Indonesia, ini termasuk jenis yang populer di negeri ini. Amerikan memiliki bulu berukuran pendek. Aslinya bentuk telinga marmot american melengkung kebawah, tapi mungkin karena sudah terlalu sering di kawin silangkan, jadinya di Indonesia bentuk telingan American justru tegak.

Marmut Sheltie

marmut sheltie
source:pets4homes.co.uk

Jenis Sheltie sering juga disebut silkie, ciri dari jenis ini adalah bulunya yang panjang dan lurus teratur sedangkan pada ujungnya seperti menghadap kedepan.

Coronet

Marmut coronet
source: pets4homes.co.uk

Bentuk dari coronet seperti jenis sheltie, tapi bedanya coronet memiliki pusaran dikepalanya yang seperti sebuah mahkota. Bulunya juga panjang seperti sheltie yang membedakan hanyalah pusaran atau mahkota yang ada dikepalanya itu.

Texel

marmut jenis texel
source:omlet.co.uk

Texel ini juga seperti sheltie yang memiliki bulu panjang, namun bedanya bulu pada texel keriting atau ikal. Rambutnya yang panjang keriting dan bentuknya yang imut membuat jenis ini terlihat lucu dan menggemaskan.

Marmut Baldwin

baldwin marmut
Jenis ini juga tidak memiliki bulu seperti skinny, namun uniknya pada saat lahir Baldwin justru memiliki bulu namun lama kelamaan rontok dan tidak memiliki bulu. Nah kalau skinny termasuk hairless atau masih ada sedikit bulu, namun kalau baldwin benar benar tidak memiliki bulu.

Baldwin Carrier

Marmut Baldwin carrier
source:hairlesshilltophunks.com

Hampir sama juga dengan jenis skinny carrier yang merupakan hasil persilangan antara skinny dengan jenis normal, baldwin carrier juga hasil persilangan antara baldwin dan jenis normal sehingga menghasilkan baldwin carrier ini.

Marmut Abbysinian

Abbysinian marmut
source:guineapiggles.co.uk

Abbysinian memiliki ciri yang cukup unik yaitu memiliki banyak pusaran di seluruh bagian tubuhnya. Pusarannya berkisar antara 4 hingga 8 pusaran, tapi tidak menutup kemungkinan bisa lebih. Bulu tubuh marmut jenis Abbysinian ini sedikit agak pendek.

Abyruvian

Abyruvian marmut
source:critterbabies.com

Ini adalah hasil persilangan 2 jenis yang berbeda yaitu Abbysinian dan peruvian. Bulunya berantakan dan tidak beraturan ada bulu yang berukuran panjang namun ada juga yang pendek.

Sheba Mini Yak

Sheba Mini Yak
source: pets4homes.co.uk
Sheba Mini Yak memiliki bulu yang mirip dengan Abyruvian hanya saja bulunya lebih teratur dibanding Abyruvian.

Marmut Peruvian

peruvian marmut
source:wideopenpets.com
Ini adalah jenis marmut yang memilki bulu panjang seperti sheltie, bedanya pada Peruvian terdapat rossete di badannya.

Alpaca

Marmut Alpaca
Marmut ini bentuknya sangat mirip dengan peruvian akan tetapi bulu alpaca keriting seperti halnya bulu jenis texel. PErbedaan dengan texel bisa dilihat dari bentuk mukannya.

Jenis Teddy

Teddy marmut
source:guineapiggles.co.uk
Teddy termasuk marmut dengan bulu yang agak jabrik keatas yang terlihat seolah olah bulunya tajam. Bulu teddy tergolong pendek makanya bulunya terlihat tajam, padahal sebetulnya tidak seperti yang terlihat. Jika dilihat dengan seksama akan keklihatan seperti panda atau beruang kecil.

Swiss Marmut

marmut swiss
Jenis swiss ini agak mirip dengan jenis teddy, tapi swiss memiliki bulu yang agak panjang jika dibandingkan dengan teddy. Jenis ini juga tak kalah lucunya dengan jenis jenis marmut lainnya.

Merino

marmut merino
source:pets4homes.co.uk
merino memiliki bulu keriting atau gimbal seperti halnya pada pexel dan alpaca. Tapi bedanya Merino mempunyai mahkota dikepalanya seperti pada coronet. Merino sering juga disebut Curly Crested.

Marmut Rex

Marmut Rex
source:petworlds.net
Rex memilik bulu yang pendek, bulu dari marmut jenis rex ini tak lebih dari 1cm dan berdiri keatas, sangat mirip dengan jenis teddy yang memiliki bulu yang kasar.

Lunkarya

Marmut Lunkarya
source:pets4homes.co.uk
Lunkarya juga termasuk marmut berbulu keriting, akan tetapi bulunya tidak seluruhnya panjang, ada yang panjang dan ada juga yang pendek sehingga terkesan bulunya tidak beraturan, akan tetapi jenis ini justru banyak digemari di beberapa negara bagian di Eropa.

Cuy

Marmut jenis Cuy
source:pets4homes.co.uk
Cuy disini bukan panggilan anak alay ya, tapi cuy adalah salah satu jenis dari hewan pengerat nan lucu ini. Cuy memiliki ukuran yang cukup besar. Cuy ini juga termasuk dalam salah satu jenis marmot terbesar.

Ridgeback

ridgeback marmut
Ini juga termasuk jenis maarmut yang lucu pasalnya jenis ini mempunyai bulu spike atau mohawk dibagian atas badannya. Sehingga jika dilihat dari samping akan terlihat seperti landak.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close