Tanaman

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan

Mendengar kata Buah Zuriat sebagian orang akan menghubungkannya dengan Manfaat Buah Zuriat Untuk Promil atau Program Kehamilan. Namun apakah itu benar adanya, mari kita simak dalam artikel kita kali ini. Buah Zuriat sendiri adalah salah satu buah yang banyak ditemukan di sekitar hulu sungai nil di mesir. Buah yang memiliki nama latin Hyphaene Thebaica ini berukuran seperti buah manggis atau sawo dengan ukuran sekitar 6×5 centimeter kulit buahnya berwarna kecoklatan.

Benarkah manfaat Buah Zuriat Memang dapat membantu program kehamilan?

Di mesir buah yang juga memiliki nama lain buah hawa, buah adam atau buah doum ini sering dijadikan minuman tradisional karena dipercaya merupakan salah satu asupan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Benarkah buah zuriat memiliki manfaat kesehatan untuk mendongkrak peluang kehamilan? Meskipun banyak orang yang percaya tentang hal itu, sayangnya belum ada penelitian yang dibuat untuk membuktikan akan hal itu. KAkan tetapi, kajian yang dilaksanakan di Mesir menyebutkan buah zuriat memiliki kaya akan kandungan antioksidan. Dengan kata lain secara tidak langsung Hyphaene Thebaica ini bisa menghasilkan sel yang menunjang reproduksi.

Senyawa Antioksidan mempunyai kemampuan untuk menghilangkan oksigen reaktif yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Jika kita mengalami stress oksigen reaktif yang dihasilkan tubuh akan tinggi yang dinamai stres oksidatif. Jika stress menurun , maka sel reproduksi akan meningkat sehingga peluang untuk memperoleh kehamilan juga akan meningkat.

Manfaat Buah Zuriat untuk kesehatan

Nah selain manfaat buah zuriat untuk program kehamilan, ternyata buah ini masih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Mengurangi plak lemak pada pembuluh darah

  • Menurut Para peneliti buah ini mengandung fenol seperti 3-OH thorosol, asam E-vanilic, catechin dan asam klorogenik. Selain itubuah zuriat juga memiliki kandungan asam alphacoumaric, asam cinnamic dan asam p-coumaric.
  • Pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2014, ditemukan bahwa kandungan fenol dalam buah zuriat dapat menurangi kondisi hiperlipidemia, buah ini juga baik untuk mengurangi risiko penebalan arteri.
2. Mengandung Vitamin B Komplek
  • Buah dari mesir ini kaya akan vitamin B komplek diantaranya B1, B2, B3, B6, B9 dan B12
  • Untuk dikonsumsi sebaiknya buah ini tidak direbus atau dimasak terlebih dahulu agar kandungan vitamin B kompleknya tidak berkurang

3. Manfaat Kesehatan Lainnya

  • Memiliki kandungan flavonoid yang dapat membendung serangan radikal bebas yang merusak sel tubuh
  • Flavonoid juga bersifat antihistamin, antimikroba juga meningkatkan daya fungsi otak dan juga memperbaiki mood.

Jenis makanan yang untuk meningkatkan kesuburan

Tak hanya buah zuriat yang dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, ternyata ada beberapa jenis makanan lain yang dapat membantu peningkatan kesuburan, yang tentunya baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang merencanakan program kehamilan. Beberapa makanan tersebut diantaranya :

  • Biji bunga matahari- biji dari bunga matahari ini memiliki kandungan sumber vitamin E yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pria serta DNA sel reproduksi.
  • Tomat – Kandungan di dalam tomat mampu meningkatkan kesuburan pria, meningkatkan kualitas semen serta meningkatkan peluang hamil bagi wanita.
  • Kacang-kacangan – Protein nabati yang terkandung didalam kacang-kacangan baik untuk kesuburan, terutama bagi wanita yang memiliki masalah ovulasi.
  • Telur – Vitamin B yang terkandung dalam telur sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Lemak omega 3 dalam kandungan telur memiliki kualitas yang sama dengan lemak omega 3 pada ikan. Telur juga merupakan sumber protein yang rendah lemak serta gampang dikonsumsi.
  • Kayu Manis – Kandungan pada kayu manis dapat menurunkan kandungan glukosa pada wanita dengan syndrom PCOS. Dengan mengkonsumsi kayu manis secara rutin selama 6 bulan berturut turut dapat meningkatkan ovulasi dan juga membuat siklus menstruasi menjadi teratur lagi

Meskipun buah zuriat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, akan tetapi kita juga perlu menerapkan pola hidup sehat. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Rutin melakukan olahraga serta istirahat yang cukup.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close