Tanaman

Ini Dia Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan Yang Tidak Kamu Tahu

Singkong (Manihot esculente) ditemukan pertama kali di wilayah Amerika Serikat kemudian dikembangkan di Brazil. Saat ini tanaman ini sudah tumbuh dan dikembangkan hampir diseluruh dunia termasuk Indonesia. Dahulu kala singkong yang merupakan salah satu sumber karbohidrat ini menjadi makanan pokok beberapa daerah, biasanya diolah menjadi makanan yang kita sebut sebagai tiwul. Ternyata selain umbinya yang dimanfaatkan untuk bahan makanan daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain itu daun singkong juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak sedikit.

Daun singkong merupakan sumber protein yang tinggi, tak hanya kandungan proteinnya yang tinggi daun singkong juga merupakan makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain itu singkong juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, fosfor, zat besi, kalsium, kalium, tembaga, seng, magnesium dan mangan. Selain itu singkong juga mengandung beta karoten serta asam amino esensial.

Manfaat Daun Singkong Untuk Kesehatan

Kandungan gizi mikro dan makro yang ada dalam daun singkong menjadikan daun singkong kaya akan manfaat. Berikut inilah beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan yang perlu anda tahu.

Membantu Regenerasi Sel

Daun Singkong dapat membantu proses regenerasi sel yang rusak, asam amino yang terkandung didalamnya sangat baik untuk regenerasi sel tubuh yang rusak. Kandungan asam amino yang terdapat dalam daun singkong membantu proses regenerasi sel yang ada dalam tubuh. Asam amino esensial yang terdandung didalamnya seperti lisin, arginin, leusin, isoleusin, valin, dan lain sebagainya dapat membentu sel yang telah rusak untuk kembali tumbuh. Selain itu, asam amino esensial tersebut dapat memperbaharui sel-sel didalam tubuh agar selalu berfungsi normal.

Mencegah Penuaan dini

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar orang menginginkan selalu awet muda apalagi kaum wanita. Ternyata salah satu manfaat daun singkong adalah mencegah penuaan dini. Hal ini karena ternyata daun singkong memiliki kandungan antioksidan yang melimpah. Antioksidan itulah yang menjadikan daun singkong dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini seperti bintik bintik karena usia, keriput dan lain sebagainya.

Meningkatkan nafsu makan

Mungkin anda merasa nafsu makan anda terganggu? Anda bisa mencoba mengkonsumsi daun singkong untuk mengatasinya. Mengkonsumsi daun singkong dapat meningkatkan nafsu makan sehingga dapat membantu anda untuk menaikkan berat badan. Seperti yang anda tahu bahwa sulitnya berat badan untuk naik adalah karena kurangnya nafsu makan.

Membantu Proses Metabolisme didalam tubuh

Daun umbi singkong kaya akan protein dan merupakan sumber protein nabati. Protein nabati yang di dalamnya terkandung banyak vitamin B ini diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel-sel tubuh. Sel-sel tubuh tersebut akan membentuk enzim-enzim yang dapat membantu proses metabolisme yang ada di dalam tubuh kita.

Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan imunitas yang baik, maka tubuh menjadi tidak mudah terserang penyakit. Daun singkong memiliki kandungan vitamin c dan asam folat yang mampu melawan mikroba seperti bakteri dan virus yang menyebabkan terjadinya infeksi atau radang. Antioksidan bermanfaat untuk mencegah radikal bebas yang sering menyebabkan tubuh menjadi sakit.

Mengatasi Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang banyak menyerang orang dewasa. Kandungan isoflavon yang terdapat didalam daun sayuran hijau ini memiliki manfaat untuk mengatasi stroke. Isoflavon merupakan salah satu jenis flavanoid yang mampu mengatasi stroke dengan cara menurunkan kolesterol jahat yang menjadi penyebab stroke.

Menjaga Kehamilan

Ibu hamil memiliki kecenderungan untuk memiliki masalah anemia yang disebabkan oleh fisiologis kehamilan. Daun singkong mengandung zat besi yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya anemia defisiensi besi. Daun singkong juga mengandung asam folat yang tinggi yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Mengobati Diare

Salah satu manfaat dari daun singkong adalah mengatasi diare. Saat terserang diare jangan lupa untuk banyak minum air putih juga mengkonsumsi daun singkong. Akan tetapi jangan pernah minum air rebusan daun singkong karena daun singkong mengandung sianida yang jika dicampur dengan air maka racun sianida akan berakibat buruk bagi tubuh.

Mengobati demam

Daun singkong juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi demam dan sakit kepala. Caranya dengan merebus dan mengkonsumsinya. akan tetapi jangan merebus terlalu lama. Karena jika daun singkong direbus terlalu lama justru akan mengurangi kandungan gizinya.

Mengobati Masalah Rematik

Daun singkong ternyata bisa dijadikan herbal untuk mengatasi masalah reumatik. Daun singkong memiliki kandung zat zat yang bersifat anti inflamasi. Zat tersebut mencegah tubuh melepaskan zat zat lain didalam tubuh manusia yang menjadi penyebab peradangan. Cara mengkonsumsinya dengan mencampurnya dengan jahe, sereh air dan dikonsumsi 3x sehari.

Mengobati Cacingan

Selain beberapa manfaat diatas ternyata daun singkong juga memiliki manfaat untuk mengobati cacingan. Ternyata singkong memiliki kandungan yang bisa menghancurkan cacing yang merugikan kesehatan manusia.

Itulah beberapa manfaat daun dingkong yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Selain sehat dan kaya manfaat sayuran ini juga sangat mudah untuk didapatkan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close