Tanaman

Berbagai Manfaat Temulawak Putih Untuk Kesehatan

Temulawak Putih adalah sejenis tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, kencur dll. Temulawak putih (curcuma zedoaria) adalah tanaman yang masuk famili Zingiberaceae yang telah dikomersilkan penggunaan rhizomanya untuk tanaman obat dan empon-empon. Tanaman rimpang ini memiliki berbagai manfaat sehingga sering digunakan untuk bahan obat, industri parfum, dan juga pewarna alami untuk industri pangaan serta manfaat lainnya.

Rimpang temulawak putih sering digunakan untuk obat radang kulit, obat kudis, mengobati perut kembung, pencuci darah, pengobatan untuk gangguan saluran pencernaan dan sebagai obat pembersih serta penguat setelah nifas bahkan dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa temulawak putih juga memiliki aktivitas antitumor, hepatoprotektif, anti-inflamasi, serta analgesik.

Ciri dari tanaman ini adalah :

  • Berakar Rimpang
  • Memiliki bau seperti kunyit atau mangga
  • Kulit rimpangnya berwarna coklat tipis ataupun orange terang
  • Panjang daunnya bisa mencapai 1 hingga 2 meter berbentuk bulat telur dan berbintik warna ungu
  • Bunganya berwarnaa kuning
  • Buahnya berbentuk segitiga dan bulat telur dengan biji berbentuk tombak atau oval

Kandungan Alami yang terdapat pada Temulawak Putih diantaranya adalah :

  • Rimpangnya memiliki kandungan zat warna kuning kurkumin (diarilheptanoid).
  • Rimpangnya memiliki Komponen Minyak atsiri diantaranya :
  • Turunan Guaian (kurkumol, kurkumenol, Kurkurnadiol, Isokurkumenol, Prokurkumenol).
  • Turunan Germakran (Kurdion, Dehidrokurdion)
  • seskuiterpena furanoid dengan kerangka eudesman (Kurkolon)
  • Kerangka Germakran (Furanodienon, Isofuranodienon, Zederon, Furanodien, Furanogermenon)
  • Kerangka Eleman (Kurserenon identik dengan edoaron, Epikurserenon, Isofurano germakren)
  • Asam-4-metoksi sinamat (bersifat fungistatik)
  • Kurkumanolid A, kurleumanolid B, dan kurkumenon

Tak hanya di Indonesia beberapa negara juga menggunakan bahan rempah ini untuk bumbu masakan untuk berbagai resep masakan. Tanaman ini juga sudah dibudidayakan di berbagai negara.

Manfaat Temulawak Putih Untuk Kesehatan

Kareba berbagai kandungan nutrisi yang ada pada temu putih seperti yang kami sebutkan diatas, maka temu putih ini memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Berbagai manfaat tersebut diantaranya adalah :

Pengobatan Penyakit Kanker

Penyakit Kanker adalah penyakit ketika sel-sel abnormal didalam tubuh membelah secara tak terkendali dan menghancurkan jaringan tubuh atau bisa dikatakan sebagai proses mutasi genetik sel sel abnormal dalam tubuh dan merusak jaringan tubuh lainnya. Zedoarin, kurdiona dan kurkumol yang terkandung didalam temulawak putih bisa bertindak sebagai anti-neoplastik untuk sel kanker dan jaringan, yaitu dengan meningkatkan pembentukan jaringan fibroblast liar di sekitar jaringan kanker,serta membentuk lapisan limfosit dalam sel-sel jaringan kanker kemudian membungkusnya, yang akhirnya menghentikan pertumbuhan sel-sel jaringan kanker, sehingga sel-sel kanker akan mati dan tak berbahaya lagi. Selain itu antioksidannya mampu meningkatkan jumlah linfosit, meningkatkan toksisitas sel pembunuh kanker serta sintesis antibodi.

Mengatasi stress dan kecemasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak petroleum eter dan kloroform pada temulawak putih mampu mengatasi kecemasan, stress, kelainan pada mobilitas serta perlindungan terhadap reumatik.

Mengobati gejala arthritis

Kandungan petroleum eter dan kloroform dari ekstrak rimpang temu putih dapat mengurangi iritasi, kecemasan, meningkatkan niat untuk berjalan, serta mengurangi terjadi pembengkakan pada sendi bagi penderita arthritis.

Meredakan Gejala Sakit Maagh

Sakit maagh adalah kelompok kondisi apa pun yang melibatkan peradangan pada lapisan dalam perut. Dengan mengkonsumsi temulawak putih yang telah dicampur madu secara rutin. Minum ramuan tersebut 2 kali sehari dalam kondisi masih hangat.

Mengobati Miom

Penyakit miom adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh pada otot dinding rahim Pada beberapa wanita miom dapat menyebabkan pendarahan berat, ketidaknyamanan panggul serta dapat menciptakan tekanan pada organ-organ yang lain. Adanya miom ini dapat menimbulkan beberapa gangguan pada kehamilan bahkan bisa berakibat keguguran. Untuk mengobati miom dengan temulawak putih caranya dengan merebus temulawak putih dan temu mangga yang kemudian airnya diminum 3x setelah makan sebanyak 2/3 gelas.

Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu manfaat lain dari temulawak putih adalah untuk melancarkan peredaran darah. Beberapa kandungan senyawa di dalam akar rimpang tanaman ini dipercaya dapat melancarkan peredaran darah.

Mengobati Peradangan

Anti inflamasi pada kurkumin yang terkandung pada temulawak putih cukup efektif untuk menghambat terjadinya peradangan baik itu peradangan akut maupun peradangan kronis.

Menambah Nafsu Makan

Nafsu makan yang menurun bisa berakibat menurunnya produktifitas karena kurangnya energi dapat menghambat aktifitas kita. Kita bisa menambah nafsu makan dengan cara meminum air rebusan temulawak putih ini.

Mengobati Luka Memar

Jika anda mengalami luka memar, maka luka tersebut dapat disembuhkan dengan menggunakan rimpang tanaman ini, caranya parut atau tumbuk rimpang temulawak putih ini kemudian balurkan pada luka memar tersebut.

Mengatasi Masuk Angin

Mengatasi masuk angin dengan temulawak putih yaitu dengan merebus dan meminum air rebusannya yang masih hangat. Anda bisa juga menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

Mengurangi Bengkak dan rasa linu

Parut temu putih kemudian campurkan dengan asam dan minyak kemudian balurkan pada bagian tubuh yang bengkak, ramuan ini juga bisa mengurangi rasa linu yang diakibatkan oleh bengkak tersebut.

Mengobati Gangguan Pencernaan

Temu putih mengandung minyak atsiri yang dapat mengatasi gangguan pencernaan. Caranya dengan mengunyah langsung temu putih yang sudah dibersihkan.

Mengobati bisul

Parutan tanaman ini juga dapat menyembuhkan bisul caranya dengan membalurkan hasil parutan temulawak putih ini kebagian yang terdapat bisul secara rutin.

Mengurangi Bau Nafas

Mengunyah temulawak putih ini selain mengatasi gangguan saluran pernafasan juga dapat mengatasi bau mulut yang tidak sedap.

Menurunkan resiko penuaan dini

Tanaman ini juga memiliki zat aktif yang berfungsi untuk menurunkan resiko penuaan dini berupa pencegahan timbulnya keriput.

Mengatasi Gangguan S3ksual

Kandungan antioksidan pada tanaman ini dipercaya mampu untuk mengatasi masalah s3ksual baik itu untuk pria maupun wanita. Pada wanita temulawak putih dapat memperkuat otot otot dinding rahin juga dapat mengatasi disfungsi ereks1 pada pria. Temulawak juga bisa meningkatkan gairah seksual.

Mengeluarkan racun dalam tubuh

Temulawak putih dapat digunakan untuk detoksifikasi bagi tubuh serta memurnikan darah. Selain itu juga dapat membantu regenerasi sel sel dalam tubuh manusia.

Menurunkan demam

Ramuan dari temu putih ini dapat membantu tubuh mengatur suhu didalam tubuh kita sehingga sangat baik jika dikonsumsi bagi penderita demam.

Pemulihan kesehatan pasca sakit

Tingginya kandungan pati didalam tanaman ini, sangat baik untuk membantu peroses pemulihan kesehatan setelah sakit. Hal ini sangat baik agar kondisi kesehatan kembali sehat dan segar.

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bukan berarti temulawak putih tidak memiliki efek samping. Berikut ini beberapa efek negatif yang mungkin timbul ketika mengkonsumsi temu putih ini.

  • Mengurangi kemampuan dari sel darah putih
  • Mengganggu perkembangan janin bahkan bisa mengakibatkan keguguran bagi ibu hamil
  • Dapat menurunkan kadar gula secara drastis jika dikonsumsi secara berlebihan
  • Bisa mengakibatkan iritasi jika digunakan pada kulit seseorang yang memiliki kulit sensitif
  • Pemakaian yang terus menurus bisa mengurangi tingkat efektifitas obat medis, sehingga konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya dalam waktu lama.

Itulah beberapa manfaat temulawak putih untuk kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi dengan takaran yang cukup bisa meningkatkan stamina dan menjaga esehatan tubuh kita.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close