Burung

Membedakan Zebra Finch Jantan Dan Betina

Zebra Finch adalah salah satu jenis burung finch berasal dari australia dan digemari oleh pecinta burung hias. Burung ini disukai oleh para pecinta burung karena penampilannya yang bagus dan beberapa varian yang beraneka ragam. Zebra finch merupakan burung sosial yang cocok dipelihara secara berpasangan. Banyak para pecinta burung yang mulai menangkarkannya. Salah satu yang menjadi kendala bagi para pemula adalah bagaimana membedakan antara Zebra Finch jantan dan betina. Pengetahuan mengenai cara membedakan jenis kelamin zebra finch ini tentu saja penting, karena akan menjadi salah satu penentu keberhasilan dalam mengembangbiakkan burung sejenis burung pipit ini. Sebelum pergantiang bulu antara jantan dan betina memang agak sulit dibedakan. Namun setelah itu perbedaan antara jantan dan betina akan terlihat dengan jelas, perbedaan tersebut dapat kita lihat dari paruh, tenggorokan, panggul, dada, pipi dan kaki.

Sebelum lanjut untuk membahas bagaimana cara membedakan burung zebra finch jantan dan betina, kita juga perlu memahami bahwa burung yang juga disebut pipit zebra ini yang sudah ditangkarkan telah mengalami berbagai mutasi untuk menciptakan varian warna yang berbeda. Beberapa zebra finch memiliki bulu yang berwarna putih mutlak secara keseluruhan, untuk membedakan antara jantan dan betina kita bisa melihat lebih dalam mengenai warna paruh dari finch varietas ini.

Cara Membedakan Zebra finch Jantan Dan Betina

1. Dilihat dari paruhnya.

Paruh pipit zebra jantan memiliki warna lebih cerah dibandingkan pada betinanya, Warna pada burung jantan berwarna oranye yang lebih jelas dari pada betinanya, sedangkan warna paruh betinanya lebih berwarna oranye pucat.

2. Dilihat dari dadanya

Finch zebra jantan akan memiliki garis dada berwarna hitam yang tidak ada pada zebra finch betina. Strip atau garis hitam tersebut memanjang di seluruh dada.

3. Dilihat dari Pipinya

Pada burung finch jantan akan memiliki bercak berwarna oranye pada bagian pipinya. Bercak tersebut tidak ada pada burung finch betina. Pada anakan zebra finch warna oranye tersebut awalnya berwarna oranye pucat dan lama-lama akan semakin matang dan jelas diusia sekitar 6 bulan.

4. Dilihat dari lehernya

Jenis Finch ini pada spesies jantan akan memiliki garis garis hitam putih seperti zebra pada bagian lehernya. Garis garis tersebut terletak ddiantara strip hitam pada bagian dadanya dan dibawah paruhnya.

5. Dilihat dari Sayapnya

Langkah selanjutnya untuk mengetaui perbedaan zebra finch jantan dan betina adalah dengan melihat sayapnya. Sisi-sisi berada tepat di bawah bagian atas sayap. Seekor zebra jantan akan memiliki bercak kastanye dengan bintik-bintik putih. Finch zebra betina tidak akan memiliki bercak tersebut.

Dilihat dari Kakinya

Kita bisa membedakan jenis kelamin burung zebra finch ini dari kakinya. Kaki dan telapak kaki zebra finch jantan berwarna orang yang warnanya terlihat lebih jelas dibandingkan pada betinanya.

Itulah beberapa ciri yang membedakan antara zebra finch jantan dan juga betinaa. Semoga penjelasaan ini bisa memberikan pencerahan bagi pemula yang ingin memelihara atau menangkarkan burung finch jenis zebra ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close