Lainnya

Mengenal Binturong Jenis Musang Berbadan Besar

Binturong/binturung merupakan hewan sejenis musang yang memiliki badan besar. Hewan yang dalam bahasa inggris sering disebut sebagai Bearcat ini masuk dalam Viverridae. Hewan mamalia yang satu ini adalah hewan pemakan daging, namun juga doyan buah buahan. Binturong bisa kita temukan di selatan dan Asia Tenggara seperti Myanmar, Bhutan, Provinsi Yunnan Tiongkok, Bangladesh, Indonesia, India, Malaysia, Nepal, Laos, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Tampilan Fisik Musang Binturong

Ketika dewasa panjang tubuh binturong bisa mencapai 60-92cm dengan bobot tubuh mencapai 9 sampai dengan 20 kilogram. Pada Binturong betina biasanya ukuran tubuhnya lebih besar jika dibandingkan dengan binturong jantan. Selain itu bulunya juga beberapa warna seperti warna putih perat, warna karat, hitam maupun kecoklatan. Ia dapat melahirkan 2 hingga 6 anak sekali melahirkan dengan masa kehamilan sekitar 91 hari.

Hewan yang dalam bahasa inggris kadang disebut Malay Civet Cat ini memakan daging beberapa hewan kecil seperti burung ikan, atau mamalia kecil lainnya namun hewan ini juga doyan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Seperti jenis musang lainnya, binturong sering melakukan aktifitasnya pada malam hari, sedangkan disiang hari ia lebih banyak tidur dan berjemur dibawah sinar matahari. Meskipun sebagian besar aktifitasnya diatas pohon tapi kadang ia juga turun ke tanah.

Binturong memiliki bulu yang panjang serta kasar berwarna hitam seluruhnya atau kecoklatan dengan taburan warna putih atau kemerahan layaknya uban. Pada telinganya terdapat seberkas rambut yang memanjang di ujung telinganya. Seperti bagian tubuh lainnya ekornya juga dipenuhi dengan bulu yang panjang terutama pada bagian pangkal ekornya sehingga mengesankan hewan ini memiliki tubuh yang gemuk. Tak cuman sebagai aksesoris, ekornya juga bisa digunakan untuk berpegangan pada ranting ranting pohon seperti layaknya kakinya.

Binturong cukup pandai dalam memanjat serta melompat dari satu dahan pohon ke dahan pohon lainnya. MEskipun gerakannya cepat tapi tidak terkesan tergesa-gesa. Ketika memanjat atau melompat diantara dahan pohon, ekornya digunakan untuk keseimbangan atau kadang sebagai pegangan. Memiliki cakar dengan kuku-kuku yang panjang dan berbentuk melengkung yang memungkinkan untuk mencengkeram kuat pepohonan ketika sedang memanjat. Keunikan hewan ini kaki belakangnya dapat diputar ke belakang untuk memegang pohon sehingga hewan ini mampu turun dengan cepat dengan posisi kepala terlebih dahulu.

Didesa desa pinggiran hutan, hewan ini sering ditangkap dan dijadikan hewan peliharaan. Biasanya ditangkap ketika masih kecil dan dipelihara agar terbiasa dengan kehidupan manusia. Jika dipelihara dengan baik dan dipenuhi kebutuhan nutrisinya dengan baik Binturong bisa hidup hingga usia 20 tahun.

Sayang dihabitat aslinya binturong sering diburu dan diambil kulitnya yang mempunyai bulu tebal serta beberapa bagian tubuhnya digunakan untuk bahan obat tradisional. Perburuan binturong di habitat aslinya ini cukup mengancam populasinya.

Dewasa ini sudah mulai banyak orang yang memelihara musang binturong ini sebagai hewan peliharaan layaknya hewan peliharaan lain seperti anjing, kucing, kelinci dll, semoga juga semakin banyak orang yang menangkarkannya sehingga populasinya tidak benar- benar punah akibat perburuan dan hancurnya hutan hutan tempat mereka hidup. Saat ini untuk membeli hewan ini juga masih bisa kita temukan dengan mudah dibeberapa pasar burung.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close