Reptil

Mengenal Iguana dan Jenis Jenis Iguana Yang Sering Dipelihara Manusia

Iguana adalah salah satu jenis reptil dari keluarga kadal yang cukup banyak dipelihara oleh para pecinta reptil. Habitat asli dari iguana adalah dari daerah tropis seperti Amerika bagian Tengah dan bagian Selatan Central and South America, kebanyakan locality dari Columbus, El Salvador, Hoduras, Peru, Mexico. Untuk kesehatan yang layak maka iguana memerlukan tingkat kelembaban yang agak tinggi. Apabila tingkat kelembabannya kurang, dikemudian hari iguana dapat mengalami masalah pada ginjal serta hatinya. Suhu yang cocok untuk hidup reptil ini adalah 26 C s/d 29 C, serta tempat berjemur dengan suhu 32 C s/d 35 C.

Iguana dewasa ukuran tubuhnya bisa sepanjang 1.5 hingga 1.8 meter. Iguana memiliki bentuk seperti monser Godzilla dalam ukuran kecil. Ciri khas Iguana adalah hewan ini memiliki jambul seperti jambul yang terdapat pada ayam jantan, namun terletak pada bagian bawah rahang. Hewan ini juga bersisik sepanjang tubuhnya dari bagian leher hingga ekornya. Dibagian kepalanya terdapat organ yang bentuknya terlihat seperti mata, tapi bukan mata, organ tersebut memiliki fungsi untuk menganalisa cahaya yang ada di sekitarnya. Ketika kekurangan cahaya tubuh iguana akan berubah menjadi hitam.

Meskipun ukuran badannya tidak sebesar komodo maupun biawak, tapi hewan ini mempunyai kekuatan yang sangat besar dan juga cakar yang tajam. Di habitat aslinya fungsi utama cakar adalah digunakan untuk mendaki, karena aslinya reptilia ini banyak tinggal di lingkungan yang berbukit dan berbatu sehingga iguana layak disebut sebagai binatang arboreal (pemanjat). Karena termasuk hewan reptil iguana juga akan mengalami proses pergantian kulit seperti yang lainnya.

Cara membedakan jenis kelamin iguana jantan dan betina tidaklah mudah karena karakteristik s35ksualnya baru terlihat ketika berukuran 70-80cm atau berumur sekitar 1 tahun. Pada ukuran tersebut perbedaan jenis kelamin iguana mulai terlihat ciri-cirinya yaitu Iguana Jantan mulai tampak perkembangan bantalan lemak pada bagian belakang kepala (fat pocket) , jowl lebih besar serta dewlap lebih melebar, biasanya ukuran kepala jantan lebih besar dibandingkan pada betinanya yang biasanya lebih melonjong. Jowl kecil serta subtympatic kecil tidak menjamin bahwa ia berjenis kelamin betina.

Iggy (sebutan iguanan oleh para penghobby) termasuk hewan herbivora ketat, sehingga ia memerlukan diet khusus untuk dapat tumbuh dan sehat secar maksimal. Makanan yang cocok untuk hewan sejenis kadal ini adalah sayuran, buah buahan dan beberapa tumbuhan tertentu.

Meskipun iggy memiliki merupakan kadal yang besar dan kelihatan kuat, tapi ia cukup rentan terhadap cedera dan juga penyakit. Iggy Juga merupakan hewan berdarah dingin seperti halnya reptil lainnya.

Jenis Jenis Iguana

Iguana memiliki banyak jenis, ada beberapa ciri yang membedakan antara jenis yang satu dengan yang lainnya. Inilah sebagian dari jenis iguana yang perlu kamu ketahui.

1. Iguana Hijau (Green Iguana)

Ini merupakan jenis yang paling sering atau paling banyak dijadikan hewan peliharaan, karena memiliki warna hijau cerah yang asyik ketika dilihat. Mudah dalam perawatan serta tidak mudah menggigit ketika dipegang. Harga Iguana hijau juga paling murah dibandingkan dengan jenis lainnya.

2. Iguana Merah (Red Iguana)
Iguana Red
Selain hijau Iguana Merah juga cukup banyak diminati, jenis ini memiliki karakter yang lebih agresif dibanding iguana hijau. Memiliki karakter yang lincah dan sering mengibaskan ekornya ketika mempertahankan diri. Iguana merah sendiri masih terbagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Iguana Super Red
    Super Red memiliki warna tubuh yang mencolok berwarna merah terang dari tubuh hingga pangkal ekor sedangkan pada bagian ekor terdapat cincin berwarna hitam hingga ujungnya.
  • Iguana Red Mix
    Jenis ini merupakan hasil persilangan antara iguana merah dan iguana hijau, sehingga bagian tubuhnya terdapat perpaduan antara warna merah dan hijau. Untuk harga Red mix Iguana biasanya sedikit lebih murah dibandingkan dengan Iguana Super Red.

3. Iguana Biru (Blue Iguana)
Blue Iguana biru
Populasi iguana biru di habitat aslinya sudah sangat menurun bahkan hampir punah. Ia diperkirakan hanya tinggal 10-25 ekor saja. Akan tetapi sekarang dengan program pemulihan yang cukup panjang populasinya sudah mulai banyak. Di Indonesia jenis ini juga sudah banyak ditangkarkan. Harga iguana biru (Blue Iguana) cukup mahal, untuk ukuran 30cm saja harganya bisa mencapai 3,5jt rupiah.

4. Iguana blue Diamond
blue diamond iguana
Iguana ini merupakan jenis iguana yang memiliki warna campuran atara hijau dan biru, dengan warna dasar hijau yang lebih dominan. Campuran warna tersebut menjadikan Iguana Blue Diamond tampak lebih Indah. Disebut Diamond karena terdapat warna biru terang yang menutupi warna kehijauan sehingga nampak seperti diamond di kepalanya.

5. Iguana Albino (Albino Iguana)
iguana albino
Jenis ini memiliki warna yang cukup spesial yakni warna kuning cerah menyala layaknya warna stabilo dengan warna mata merah. Iguana Albino lebih sensitive terhadap cahaya, sehingga saat menjemur cukup 10 sampai dengan 15 menit saja. Untuk perawatan lain tidak jauh berbeda dengan jenis lainnya. Harga Iguana Albino ini cukup fantastis apalagi untuk yang sudah mencapai panjang 1,5 meter. Bahkan untuk yang sudah menang lomba harganya bisa sampai ratusan juta.

6. Iguana Chalarodon (Madagaskar)
Iguana Madagaskar Iguana Chalarodon
Chalarodon merupakan jenis iguana yang cukup eksotis, tubuhnya unik bentuknya seperti kadal. Karena berasal dari madagaskar iggy jenis ini juga disebut sebagai Iguana Madagaskar. Ciri ciri iguana madagaskar ia bertubuh kecil dan memiliki corak bintik bintik seperti batik berwarna coklat muda. Di habitat aslinya reptil ini tinggal di padang pasir dan bebatuan dan memangsa serangga. Iguana jenis ini sangat jarang ditemukan di Indonesia oleh karena itu harga Iguana Madagaskar di Indonesia masih belum diketahui.

7. Iguana Badak/Batu Cyclura)
Iguana Badak Iguana Batu Cyclura Cornuta
Iguana Badak berukuran cukup besar dengan wajah sangar dan terkesan ganas. Meski terlihat menyeramkan dia bukanlah pemakan daging, tetapi termasuk jenis herbivora atau pemakan tumbuhan seperti bunga dan dedaunan.

8. Iguana Gurun (Dipsosaurus)
iguana gurun
Seperti namanya habitat asli Iguana gurun adalah di gurun atau padang pasir. Berukuran kecil dan memakan tumbuh-tumbuhan seperti bunga kuning dari semak creosote juga dedaunan.

9. Iguana Lemanctus
Iguana Lemanctus
Karena memiliki benjolan di kepala Iguana Lemanctus kadang kadang juga disebut iguana pemakai helm. Memiliki ukuran tubuh kecil dengan bintik putih ditubuhnya. Untuk harga Iguana Lemanktus, team otakkopong juga belum memperoleh informasi

10. Iguana Ekor Berduri (Ctenosaura)
Ctenosaura Iguana
Reptil ini memiliki ciri mempunyai duri di bagian ekornya. Spesies ini juga bisa tumbuh besar hingga berukuran 1 meter lebih untuk dewasanya. Untuk harga Jenis ekor berduri ini juga belum kami dapatkan informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close