Ayam

Mengenal Jenis Jenis Ayam Kate Yang Digemari Para Penghobi

Ayam kate atau dikenal juga dengan nama ayam katai merupakan jenis ayam hias yang berukuran mini dan memiliki bulu yang indah. Ayam yang dalam bahasa ingris disebut Bantam Chicken ini pertama kali ditemukan pada tahun 1700 masehi oleh pedagang Eropa di Daerah barat Pulau Jawa yaitu daerah Bantam atau lebih banyak orang mengenalnya Karesidenan Banten, dan sekarang menjadi Provinsi Banten.

Karena bentuknya yang unik dan ukurannya yang lebih kecil dari ayam pada umumnya inilah ayam ini akhirnya banyak dipelihara sebagai ayam hias. Meski berukuran kecil namun harga ayam kate relatif lebih mahal dibnding ayam pedaging atau ayam petelur, ya karena memang tujuannya sebagai ayam hias.

Hingga saat ini sudah ada banyak sekali ayam kate hias yang dipelihara dan dikembangkan oleh para peternak ayam hias. Setiap jenis ayam kate ini memiliki sisi uniknya sendiri. Membahas mengenai harga ayam kate ini sangat beragam biasanya tinggi rendahnya harga ditentukan oleh jenis dan umur ayam kate tersebut.

Jenis-jenis Ayam Kate

Yang kita bahas kali ini adalah jenisnya, baik itu yang masih murni ataupun jenis ayam kate hasil persilanga.

1. Ayam Kate Chabo

Ayam Chabo Bantam Jepang
Ayam kate Chabo atau ayam chabo atau sering juga disebut bantam jepang adalah ayam kate asli dari jepang.Ciri khas ayam kate jenis ini adalah bulunya yang didominasi warna putih akan tetapi khusus bagian ekornya berwarna hitam pekat dengan 2 helai bulu lancur yang naik keatas melampui ketinggian kepalanya. Sayangnya menurut para peternak yang ada di Indonesia, Ayam Chabo ini masih agak sulit dikembangkan secara massal di Indonesia.

2. Ayam Ga tre Tan Chau

Ayam Kate Vietnam Ga Tre Tan Chau
Ayam Ga Tre Tan Chau adalah ayam kate yang berasal dari Provisnis Tan chau Vietnam. Jika sekilas melihat ayam ini agak mirip dengan ayam Ayam Ohiki dari Jepang. Berkaki pendek dengan bulu rawis serta memiliki ekor yang panjang meskipun panjang ekor ga tre tan chau tidak sepanjang onagadori. Yang menjadi daya tarik bagi para penghobi untuk ayam ini adalah warna dan tampilannya. Untuk saat ini harga ayam ga tre tan chau masih tergolong mahal, namun hal itu sebanding dengan tampilan dan keindahan warnanya.

3. American Game Bantam

American Game Bantam
source :pets4homes.co.uk
ayam Game bantam adalah ayam berukuran kecil yang berasal dari Amerika Serikat. Ayam jenis ini biasanya digunakan sebagai ayam aduan atau ayam petarung. Di Indonesia sendiri tidak banyak yang memelihara Ayam American Game Bantam ini karena memang pemeliharanya kebanyakan untuk diadu bukan sebagai ayam hias.

4. Sebright Bantam / Ayam Kate Batik

Ayam Kate Batik
Seperti namanya disebut Ayam kate batik karena ayam kate jenis ini memiliki motif yang bervariasi seperti batik. Ayam batik yang dikenal ada dua macam yakni ayam kate batik itali dengan motif batik perpaduan warna bulu putih dan hitam. Satunya lagi ayam kate batik kanada memiliki motif batik perpaduan antara coklat dan hitam. Meskipun disebut ayam batik Kanada dan Itali sejatinya ayam kate batik ini berasal dari Inggris.

5. Ayam Kate Pyncheon

Ayam Kate Pyncheon atau Bantam Pyncheon
Ayam Bantam Pyncheon termasuk ayam kate langka yang berasal dari Amerika Serikat. Ciri dari jenis ayam kate ini adalah mempunyai sisir tunggal diikuti oleh rumbai, mirip dengan Sulmtaler . Diduga Nenek moyang Pyncheon ke Amerika Serikat dari Belanda atau Belgia dan dikembangkan di Amerika Serikat bagian timur laut.

6. Ayam Kate Burma / Burmese chicken

Ayam Kate Burma
Ayam Bantam burna adalah ayam kate yang berasal dari Myanmar. Ayam Burma memiliki sisir tunggal dan jengger kecil dan kaki berbulu. Trah ini membutuhkan perhatian yang cukup untuk mempertahankan penampilannya.

7. Ayam Booted Bantam

Ayam Booted Bantam
Ayam Kate yang juga sering disebut Dutch Booted Bantam ini berasal dari Inggris. Ayam kate booted bantam merupakan jenis ayam kate asli yang paling tua dan cukup langka. Namanya berasal dari bulu kakinya yang panjang hingga enam dan menutupi kaki dan sendi hock.

8. Ayam Kate Ohiki

Ayam Kate Ohiki
Salah satu ayam kate Jepang ekor panjang, Ohiki adalah bantam sejati yang dikembangkan dari Onagadori dan Chabo dan merupakan jenis yang sangat populer saat ini di Jepang. Bentuk badan ohiki bulat mirip cochin, ukuran tubuhnya kecil dengan ekor yang panjang dan naik dan kemudian menjuntai sampai kebawah.

9. Ayam Kate Peking / Pekin Bantam chicken

ayam kate peking pekin bantam
Ayam kate Peking merupakan jenis bantam yang berasal dari Cina. Ayam peking ini memiliki banyak bulu yang menutupi kakinya. Peking ini cukup populer dikalangan pecinta ayam hias karena mereka jinak dan mudah dipelihara.

10. Ayam Kate Pictave

Kate Pictave
Pictace merupakan jenis ayam bantam yang berasal dari perancis. Ayam bantam pictave memiliki ekor yang panjang serta sayap panjang yang menjuntai kebawah. Warna kakinya putih kemerahan dengan empat cakar, sisir, daun telinga, dan pialnya berwarna merah.

11. Ayam Nankin Bantam

ayam nankin bantam
Ayam nankin bantam adalah ayam bantam yang luar biasa dalam sejarah pemeliharaan ayam bantam. Semua ayam Nankins terdiri dari satu warna, dengan buff di badan dan ekor hitam. Terdapat rona emas pada ayam jantannya, dan mereka memiliki bulu sabit yang lebih panjang yang biasa ditemukan pada ayam. Warna Paruh mereka berwarna tanduk cahaya, dengan kaki berwarna biru.

12. Ayam Serama

Ayam Serama
Ayam serama merupakan salah satu jenis ayam kate yang paling banyak peminatnya di Indonesia. ayam bantam ini berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Ayam serama ini memiliki ciri khas postur tubuhnya tegak, dada tegap, dengan bulu ekor dan sayap vertikal. Ayam serama ini merupakan jenis ayam hias terkecil di dunia, berat tubuhnya hanya sekitar 500 gram bahkan untuk yang berukuran kecil hanya 250gram.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close