Burung

Mengenal Jenis Jenis Merak Dan Daerah Asalnya

Merak adalah burung eksotis yang termasuk dalam genus Pavo dan Afropavo merupakan familia ayam hutan atau dikenal dengan pheasant, Phasianidae. Burung Merak dikenal karena pada burung jantannya memiliki ekor yang indah dan akan mengembang ketika sedang merayu atau menarik perhatian pasangannya. Selain bulu indah merak juga mempunyai ciri khas berupa jambul dikepalanya. Karena keindahan yang dimiliki inilah yang membuah harga burung merak bisa dibilang cukup mahal. Di Indonesia khususnya merak hijau termasuk satwa yang dilindungi, karena populasinya di alam liar sangat terancam.

Jenis Burung Merak Dan Daerah Asalnya

Mengenai jenisnya merak terbagi dalam beberapa jenisnya, setiap jenis memiliki karakter warna dan asal yang berbeda. Berikut ini beberap jenis Merak dan daerah penyebarannya.

1. Burung Merak Hijau

Merak Hijau
Seperti dengan namanya, burung merak hijau yang memiliki nama latin Pavo muticus ini mempunyai bulu berwarna hijau keemasan, diatas kepala merak hijau ini terdapat jambul tegak. Burung jantan bisa berukuran cukup besar dengan panjang hingga mencapai 300cm. Sedangkan pada betinanya memiliki ukuran yang lebih kecil serta warna bulunya kurang mengkilap dibanding burung jantannya. Saat ini populasi burung merak hijau tersebar di hutan terbuka yang memiliki padang rumput di Republik Rakyat Tiongkok, Indocina dan Jawa, Indonesia..Di Indonesia sendiri burung ini termasuk dalam kategori satwa yang dilindungi bahkan termasuk dalam kategori Apendix II yang perdagangannya harus dikendalikan. Untuk makanan, jenis merak ini terdiri dari biji-bijian, dedaunan dan pucuk rumput, berbagai serangga dan hewan kecil seperti cacing, laba-laba, anak kadal dan lain-lain.

2. Burung Merak Kongo

Merak Kongo
Burung Merak Kongo (fropavo congensis) berasal dari Republik Demokratik Kongo. Merak Kongo adalah satu-satunya burung di marga Afropavo dan merak yang ada di benua Afrika. Ukuran merak kongo dewasa juga berukuran besar, dan panjang tubuhnya mencapai 70cm, bulu merak kongo ini berwarna biru gelap dengan hiasan warna hijau serta ungu mengkilap. Warna kulit lehernya merah dan ada jambul tegak berwarna putih di kepalanya. Untuk soal makanan merak kongo ini tidak jauh berbeda dengan Burung Merak Hijau.

3. Burung Merak Biru

merak biru
Jika anda sering mengunjungi beberapa kebun binatang Di Indonesia, hampir pasti anda akan menjumpai merak biru ini. Merak Biru (Pavo cristatus) memiliki bulu dominan warna biru mengkilap. Merak biru jantan memiliki panjang mencapai 230cm. Jambul yang dimiliki oleh merak biru jantan ini berwarna biru dan berbentuk seperti kipas. Di Indina burung merak yang merupakan spesies poligami atau memiliki lebih dari 1 pasangan ini merupakan burung Nasional. Selain di India merak jenis ini juga tersebar di Pakistan, Sri Lanka, Nepal dan juga Bhutan. Bahkan dulu juga pernah ada di Bangladesh namun nampaknya sekarang ini telah punah.

4. Burung Merak Putih

burung merak putih
Ini merupakan burung merak yang cukup unik karena memiliki warna putih secara keseluruhan tanpa ada hiasan warna lain. erak putih ini juga termasuk dalam Pavo cristatus atau merak India. Merak putih ini adalah jenis yang langka, dan kemungkinan besar hanya dapat ditemui di kebun binatang atau tempat penangkaran. Karena keunikan yang dimilikinya, merak putih ini sangat rawan perburuan ilegal. Namun di beberapa negara hewan ini sudah termasuk hewan atau satwa yang dilindungi oleh pemerintahan setempat. Untuk di Indonesia sendiri, Merak eksotik ini bisa kita temui di Batu Secret Zoo atau di Bali Bird Park.

Itulah penjelasan mengenai beberapa jenis burung merak dan beberapa penjelasan serta daerah asalnya. Jika tertarik untuk memelihara burung dengan warna indah ini anda bisa komen di kolom komentar atau mengirimkan di halaman kontak website ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close