Lainnya

Mengenal Jenis-Jenis Musang Yang Populer Di Indonesia

Musang adalah salah satu hewan mamalia pemangsa (karnivora) dari suku Viverridae. Hewan yang merupakan hewan malam ini saat ini cukup banyak dipelihara oleh para pecinta binatang. Salah satu jenis musang ini adalah luwak, ya hewan yang mungkin tidak asing bagi para pecinta kopi. Luwak ini yang sering memakan kopi dan bijinya dikeluarkan kembali dan menjadi produk kopi bercita rasa tinggi dan mahal harganya.

Di alam liar musang biasa hidup di dekat pemukiman dan kadang kadang juga suka memangsa ayam peliharaan penduduk kampung di malam hari. Penyebaran hewan ini cukup banyak tersebar di berbagai negara Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri penyebaran binatang ini cukup merata hampir di semua pulau di Indonesia.

Jenis-Jenis Musang

Mengenai jenisnya sebenarnya jenis musang tidak hanya luwak saja, namun ada beberapa jenis lain yang cukup populer dan sering dipelihara oleh manusia juga. Berikut ini jenis-jenis musang yang populer di Indonesia dan Keunikan yang dimilikinya.

Musang Bulan

musang bulan
source:kamubanget.com

Musang jenis ini sering disebut juga sebagai muka topeng, karena bentuk wajahnya yang memang menyerupai topeng. Dalam bahasa inggris hewan ini juga disebut Little Civet. Hewan yang memiliki nama lait Paguma Larvata ini ternyata juga jenis musang penghasil kopi luwak. Ciri dari musang ini memiliki garis dikepalanya yang menyerupai topeng, juga terdapat garis putih yang menonjol yang membentang dari hidung sampai dengan kening dan sisi-sisi sebelahnya berwarna hitam yang juga posisinya memanjang ke bagian luar jauh dari pipi serta dahi hingga melewati telinga dan bagian belakang leher kemudian garis tersebut berhenti tepat di bawah tulang belikat. Terdapat warna putih yang samar-samar atau putus putus disekiling matanya. Bulu pada area sekitar bibir hingga tenggorokan berwarna putih.

Musang Pandan / Musang Luwak

Musang Pandan
source:Youtube.com

Jenis musang ini cukup dikenal di Indonesia karena binatang ini adalah Penghasil kopi luwak yang cukup terkenal di Indonesia. Jenis ini memiliki cukup banyak sebutan , beberapa negara memiliki sebutan sendiri sendiri seperti Palm Civet, musang Pulut, Common Musang, House Musang dan juga Toddy Cat. Hewan yang memiliki nama latin Paradoxurus Hermaphroditus ini karena memili bau yang khas seperti aroma daun pandan pada musang jantan. Aroma tersebut berasal dari kelenjar yang terdapat pada bagian bawah ekor musang jantan fungsinya untuk membatasi daerah sekitarnya dan juga untuk memikat musang betina. Aakan tetapi aroma tersebut tidak dimiliki oleh si betina.

Musang Rase

musang rase

Ini juga merupakan musang yang cukup populer di Indonesia, hewan yang memiliki nama latin Viverricula malaccensis ini memiliki ciri berwarna coklat abu-abu atau coklat kekuningan serta terdapat garis hitam memanjang di bagian punggung, serta ada belang belang hitam dibagian badan dan ekor. Hewan yang satu ini sering memangsa serangga dana tikus dan juga telur unggas. Rase tersebar luar di negara-negara asia termasuk Indonesia.

Musang Binturong

Musang binturong
source:pixabay.com

Sering juga disebut Menturung atau Menturun, sedangkan dalam bahasa inggris sering disebut Malay Civet Cat, Asian Bearcat, Palawan Bearcat atau Bearcat saja. Musang binturong ini juga cukup populer di Indonesia. Binturong juga termasuk jenis musang yang paling besar dibandingkan dengan jenis lainnya. Ciri dari jenis ini adalah memiliki kumis yang cukup panjang dan bulu lebat berwarna hitam serta wajah yang mirip dengan beruang.

Musang Akar

Musang akar
source:flickr.com

Hewan yang memiliki nama latin Arctogalidia Trivirgata ini sering juga disebut Small Tooth Palm Civet atau Three Striped Civet . Musang akar banyak ditemukan di daerah Kalimantan dan Jawa. Memiliki warna bulu berwarna coklat dengan sedangkan dibagian kepala berwarna abu, dan warna bulu di mulut berwarna coklat, serta dahi terdapat garis berwarna putih, kemudian pada bagian tubuh terdapat tiga garis warna coklat yang berbeda. Musang akar juga memiliki indra penciuman yang paling tajam dibandingkan dengan jenis lainnya.

Musang Air

Musang air
source:researchgate.net

Sering disebut Cynogale bennettii merupakan jenis musang semi aquatic yang memiliki habitat di dataran rendah yang dekat dengan sungai dan rawa-rawa. Di Indonesia musang air berpopulasi di di Sekitar Pulau Sumatra dan Kalimantan. Dia juga memiliki kumis panjang seperti halnya binturong, sama dengan namanya hewan ini juga banyaak menghabiskan waktunya di air. Ciri khas binatang ini adalah mulut yang cukup lebar dengan kaki yang berselaput dan cakar yang panjang serta alas kaki yang telanjang.

Musang Sulawesi

Musang Sulawesi
source:tempo.co

Ini merupakan jenis musang yang keberadaanya sudah cukup langka di Sulawesi. Hewan yang memilki nama ilmiah Macrogalidia musschenbroekii ini memiliki bulu berwarna coklat muda yang indah. Bulu pada bagian bawah tubuhnya berwarna putih kemerahan. Jenis ini biasanya sering memangsa serangga, namun kadangkala juga memangsa burung. Ia adalah hewan omnivora yang juga senang dengan rumput, buah-buahan dan beberapa mamalia kecil.

Musang Belang

Musang Belang

Musang bernama ilmiah Hemigalus derbyanus ini berasal dari negeri Malaysia, akan tetapi juga banyak ditemukan di Indonesia. Hewan yang juga disebut Banded Palm Civet ini merupakan mamalia berdarah panas, dan memiliki 4 ruang jantung layaknya manusia.

Musang Kelapa

musang kelapa
source: kamubanget.com

Banyak ditemukan di beberapa negara Asia seperti Vietnam dan Cina. Hewan dengan nama ilmiah Chrotogale owstoni ini memiliki bentuk wajah yang unik. Wajahnya berbentuk runcing dan cukup berbeda dengan jenis lainnya. Bulunya berwarna abu-abu dan coklat dengan tanda hitam yang kontras dibagian Punggungnya.

Musang Afrika

Musang Afrika

Seperti namanya hewan mamalia ini berasal dari benua Afrika, musang afrika banyak menghabiskan waktunya diatas pohon dan beraktifitas pada malam hari dan tidur di Siang hari. Memiliki ciri wajah berwarna abu dengan corak hitam dan tutul tutul dibagian punggungnya yang jika dilihat sekilas mirip racoon.

Musang Jerdoni

Musang Jerdoni
source:kamubanget.com

Musang dengan nama ilmiah Paradoxurus jerdoni merupakan musang luwak yang berasal dari negara India. Biasanya jerdoni memilki bulu berwarna berwarna coklat, abu serta warna gelap. Ekornya juga berwarna gelap namun dengan ujung berwarna Putih./p>

Itulah beberapa jenis musang yang cukup populer diIndonesia. Dengan membaca artikel ini semoga menambah wawasan Anda tentang satwa

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close