Ternak

Mengenal Jenis Jenis Penyakit Yang Biasa Muncul Pada Ternak Sapi

Kesehatan Hewan ternak tentu menjadi faktor yang sangat penting dalam bisnis peternakan, tak terkecuali dalam bisnis Peternakan Sapi. Sapi yang sehat tentu akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Sedangkan sapi yang sakit tentu selain akan mengurangi tingkat produksi juga bisa jadi akan mengakibatkan kerugian atau bahkan kematian.

Setelah kita mengetahui jenis jenis penyakit sapi yang biasa timbul pada ternak sapi kita bisa melakukan pencegahan dan juga pengobatan yang tepat untuk sapi yang sudah terlanjur terkena penyakit penyakit tersebut.

Berikut ini beberapa jenis penyakit yang sering muncul pada peternakan sapi.

Infectious Bovine Rhinotracheitis (IBR)
Penyakit yang disebabkan oleh virus Ini merupakan jenis penyakit yang dapat menular, penyakit ini menyerang alat pernafasan serta alat reproduksi pada ternak sapi. Hewan yang terkena penyakit ini biasanya ditandai dengan munculnya gejala demam tinggi hingga bisa mencapai 42 derajat celcius. Sapi akan mengalami penurunan nafsu makan dan muncul leleran hidung, penurunan produksi susu, hipersalivasi, dan sapi akan mengalami kekurusan.

Brucellosis
Penyakit menular pada hewan ternak ini tidak hanya menyerang sapi tapi bisa juga menyerang kambing dan beberapa hewan ternak lainnya. Orang orang biasa juga menyebutnya dengan Kluron, Brucellosis ditimbulkan oleh infeksi yang menular. Penyakit ini bisa menimbulkan keguguran pada sapi yang sedang bunting selain itu juga menyebabkan kerugian ekonomi bagi para peternak.

Anthrax
Antraks/Antrax merupakan penyakit menular akut pada hewan ternak yang bisa menimbulkan kematian pada hewan ternak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteria Bacillus anthracis. Penyakit ini umumnya disertai juga dengan bakteriemia pada kebanyakan hewan. Hewan yang terkena penyakit ini akan mengalami kulit yang menghitam. Penyakit pada ternak ini selain berbahaya bagi sapi juga hewan ternak lain dan juga berbahaya bagi manusia karena memiliki sifat zoonosis atau dapat menular dari hewan ke manusia.

Bovine viral diarrhea (BVD)
Ini merupakan penyakit viral yang menyerang sapi, Penyakit ini disebabkan oleh virus BVD. BVD sangat menular dari sapi satu ke sapi lainnya. BVD umumnya merupakan infeksi paska melahirkan yang bersifat non klinis, terjadi peningkatan temperatur biphasic (suhu badan meningkat dua kali lipat) dan leukopenia yang diikuti peningkatan antibodi yang bisa dideteksi melalui uji serum netralisasi. Infeksi BVD dapat dilihat melalui diagnosis serologik, virologik serta munculnya gejala klinis juga adanya lesi patologik. Pengendalian penyakit Bovine viral diarrhea (BVD) dapat dilakukan dengan menggunakan vaksin hidup (modified live vaccine).

Salmonellosis
Seperti namanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella. Hewan ternak yang terkena penyakit ini akan mengalami peradangan pada usus dan masuknya organisme kedalam aliran darah hewan ternak sehingga menyebabkan septisemia. Di Indonesia Infeksi salmonellosis sudah muncul di mana mana. Penyakit ini dapat menular melalui makanan dan juga minuman yang sudah tercemar tinja dari sapi yang sudah terinfeksi.

Nah itulah beberapa jenis penyakut yang biasa muncul pada hewan ternak khususnya sapi. Pengetahuan mengenai jenis jenis penyakit pada sapi tentu akan lebih mudah dalam penanganan terhadap sapi sapi yang terjangkiti. Penanganan yang cepat dan tepat akan dapat meminimalisir dampak yang lebih buruk pada sapi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close