Ternak

Mengenal Kelinci Anggora

Kelinci Angora atau biasa disebut anggora adalah jenis kelinci yang berasal dari daerah Ankara, Turki. Kelinci ini memiliki ciri khas bulunya yang lebat dan tebal. Banyak dibudidayakan sebagai kelinci hias maupun untuk diambil bulunya sebagai bahan wool. Bulu-bulu tersebut biasa dipanen setiap 4 hingga 5 bulan sekali dengan cara dicukur. Namun ada juga yang memanen dengan cara dicabut, akan tetapi sistem dicabut ini banyak dipertentangkan oleh para pecinta hewan, karena memang terkesan kasar dan tidak manusiawi

Kelinci banyak dibudidayakan oleh manusia karena perawatannya yang tidak sulit dan makananya yang juga tidak begitu rewel. Di Indonesia sendiri kelinci Anggora lebih banyak dibudidayakan sebagai satwa hias, karena selain bulunya yang tebal tingkahnya juga lucu dan menggemaskan.

Jenis Kelinci Anggora

Kelinci jenis anggora ini memiliki berbagai jenis, baik itu yang masih ras asli maupun yang sudah melalui proses kawin silang antara anggora dengan jenis lain. Berikut ini beberapa jenis Kelinci Anggora yang populer di Indonesia.

1. Kelinci Angora Inggris

Ini merupakan jenis angora yang paling kecil dibandingkan dengan jenis lainnya. Bobot dewasanya berkisar antara 2,3kg hingga 3,2kg. Sebagai hewan hias, anggora inggris menjadi favorit para pecinta kelinci. Jenis ini memiliki ciri bulu yang lebat yang tumbuh hingga muda dan juga telinga. Karena memiliki bulu yang tebal inilah maka anggora inggris memerlukan perawatan intensif setiap harinya, sehingga kurang cocok dipelihara oleh pemula. Bulu-bulunya panjang namun halus sehingga mudah sekali kusut oleh karena itu perlu dibersihkan secara rutin setiap hari.

2. Kelinci Anggora Perancis

Jenis kelinci anggora perancis ini bisa digolongkan sebagai kelinci anggora yang memiliki ukuran tubuh sedang, bobot tubuhnya berkisar antara 3,4 – 4,8 kg. Perkembangan bulunya cukup cepat dengan ukuran yang cukup panjang. Warna bulunya jenis ini cukup beragam. Untuk perawatannya sendiri meskipun juga perlu diperhatikan namun tidak seintensif jenis Anggora inggris. Karena perawatannya yang mudah maka cocok dipelihara oleh pemula.

3. Kelinci Anggora Giant

Ini adalah kelinci anggora hasil persilangan antara Flemish giant dengan Kelinci Anggora. Anggora Giant termasuk jenis anggora yang memiliki ukuran tubuh paling besar, bobotnya bisa mencapai 5kg. Bulunya yang berwarna putih banyak digunakan sebagai bahan wool dan merupakan favorit untuk bahan wool karena hasil panennya lebih banyak. Meskipun bulunya juga panjang tapi tidak mudah rontok, oleh karena itu diperlukan pencukuran untuk memanennya.

4. Kelinci Anggora Satin

Ukurannya juga termasuk sedang, bonotnya berkisar antara 3 hingga 4,3kg. Jenis ini banyak dipelihara untuk diambil bulunya sebagai bahan pembuatan wool. Warna bulu anggora Satin juga lebih variatif. Banyak disukai oleh industri pembuatan wool karena bulu dari kelinci jenis ini mudah dipintal.

Makanan yang cocok untuk Kelinci Anggora

Di habitat aslinya kelinci sebenarnya adalah hewan pemakan hijau-hijauan, akan tetapi jika anda berniat untuk memelihara jenis kelinci Anggora, lebih disarankan untuk memberikan pakan pabrikan, karena pakan pabrikan biasa kandungan nutrisinya lebih lengkap. Sehingga pertumbuhan bulu dan bobot tubuhnya akan lebih maksimal. Namun pakan hijauan juga bisa diberikan sesekali saja. akan tetapi usahakan untuk melayukannya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kelinci peliharaan, untuk mengurangi kadar airnya. Kadar air pada sayuran yang cukup tinggi dikhawatirkan akan menyebabkan kelinci mengalami kembung dan mencret.

Pemberian sayuran untuk anggora sebaiknya juga cukup 2 atau 3 kali saja dalam satu minggu. Beberapa jenis buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang tinggi seperti kubis, bunga kol, dan brokoli bisa mengakibatkan diare atau gangguan pencernaan. Selain itu sayuran juga dapat merusak kualitas bulu pada hewan ini. Sedangkan untuk wortel meskipun sayuran ini kandungan airnya tidak terlalu tinggi namun untuk pemberiannya sebaiknya hanya sesekali saja.

Agar kualitas bulunya tetap bagus, pemberian pakan jerami juga disarankan karena dapat menjaga penyumbatan internal dalam rambut, untuk menjaga penyumbatan tersebut kelinci juga bisa diberi tambahan tablet pepaya atau beberapa vitamin lainnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close