Burung

Mengenal Lomba Merpati Kolongan Dan Asal Usulnya

Mungkin anda sering melihat para pecinta merpati memperlombakan burung merpati yang mereka miliki disebuah arena berupa tanah lapang yang diberi empat tiang, dan diujung atas tiang diberikan tali yang saling berkaitan membentuk bujur sangkar. Konsep lomba itulah yang akhirnya disebut sebagai lomba merpati kolongan. Kolong kotak dari tali tersebut menjadi tempat finish burung merpati yang sedang dilombakan.

Burung merpati yang memiliki kemampuan terbang yang bagus kemudian mendarat dengan cepat dan tepat di kolong yang disediakan pantas menjadi juara lomba merpati kolongan tersebut. Lomba merpati kolongan ini sendiri ternyata berasal dari Brebes, pertama kali diperkenalkan oleh Wahyudin Noor Aly atau yang sering disebut Goyud. Ide mengenai jenis lomba merpati ini ia temukan pada tahun 1980. Lomba lomba seperti ini ternyata memiliki hadiah yang cukup menggiurkan. Tak heran banyak pecinta merpati berbondong bondong untuk mengikutkan merpatinya dalam perlombaan tersebut. Selain hadiah instan berupa hadiah, merpati yang menang juga akan semakin terdongkrak popularitasnnya dan tentu saja harganya akan semakin mahal.

Untuk menjadikan burung menjadi pemenang dalam lomba diperlukan merpati calon petarung yang bagus. Selain itu wajib diberikan latihan yang baik agar kemampuan terbangnya semakin bagus.

Ciri Merpati Kolongan Berkualitas Bagus

Ada beberapa kriteria yang perlu anda ketahui untuk memilih calon merpati kolongan yang bagus dan mempunyai kemampuan terbang yang hebat. Berikut ini beberapa ciri merpati kolongan yang bagus:

Ukuran Kepala

MErpati yang bagus cenderung memiliki ukuran kepala yang besar, dengan batok kepala bagian depan lebih tinggi dibandingkan bagian belakang. Atau kebanyakan orang menyebutnya nonong atau jenong. Merpati yang memiliki ciri seperti itu kemampuan turunnya saat melakukan pendaratan sangat bagus. Posisi kemiringannya hingga mencapai 90 derajat saat menukik turun.

Bentuk Paruh dan mata

Burung merpati kolongan yang bagus bentuk paruhnya meruncing dengan ukuran yang tidak terlalu panjang dan besar. Selain itu matanya kering kering dan jernih. Sedangkan warna pupilnya hitam pekat serta responsif terhadap cahaya. Mata seperti ciri diatas memiliki kemampuan melihat yang sangat bagus.

Dari bentuk leher

Merpati kolongan berkualitas memiliki bentuk leher yang panjang dan tegak dengan tulang yang kuat. Bentuk badannya menyerupai huruf V atau seperti jantung pisang.

Bahu sayap

Bagian bahu sayapnya lebih lentur namun kuat. selain lentur dan kuat juga tebal dan seimbang bagian kanan dan kirinya.

Ekornya

Merpati kolongan yang bagus memiliki ekor yang rapat. Ekor ini memilki fungsi untuk melakukan pengereman sehingga dengan ekor yang rapat burung merpati akan memiliki kemampuan berhenti dengan sangat bagus.

Bentuk kakinya

Ciri selanjutnya adalah bentuk kakinya yang panjang dan tampak bersisik, Saat dipegang, kaki burung akan secara otomatis mendorong kebelakang sejajar dengan posisi ekor.

Ada beberapa cara yang biasa dilakukan oleh beberapa orang untuk memiliki burung merpati kolongan yang akan diikutkanya dalam lomba. Mulai dari mengamati mengamati langsung burung merpati yang akan dipilihnya dengan melihat beberapa ciri yang telah disebutkan diatas. Bisa juga dengan melihat keturunannya, biasanya ketika ada burung merpati kolongan yang bagus dan sering menang lomba, maka anaknya atau keturunannya banyak dipesan untuk dijadikan merpati kolongan dengan harapan ia akan menurunkan kemampuan dari indukannya. Atau bagi yang sudah memiliki uang banyak bisa langsung membeli yang sudah menang lomba dan terbukti bagus kualitasnya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close