Lainnya

Mengenal Sphynx, Kucing Tanpa Bulu Yang Lucu

Salah satu alasan memilih jenis kucing bagi sebagian besar pecinta kucing adalah karena bulunya. Orang orang memilih kucing dengan cara mengamati bagaimana kondisi bulu yang ia miliki, seberapa bagus bola pada bulu kucing tersebut, dan beberapa pertimbangan lainnya. Namun ternyata ada kucing yang tidak memiliki bulu. Kucing tanpa bulu ini ternyata harganya juga sangat fantastis.

Yang belum tau soal kucing jenis ini mungkin akan berfikiran bahwa kucing ini adalah kucing sakit atau habis dicukur oleh si empunya. Padahal kucing tersebut memang benar-benar kucing tanpa bulu. Kucing botak ini bernama sphynx. Kondisi tubuhnya yang memang tidak memiliki bulu inilah yang menjadikan sphynx kucing yang unik.

Kucing Shyinx dan sejarahnya

Kucing tanpa bulu ini berasal dari kucing kanada yang melahirkan kucing yang tidak memiliki bulu karena adanya mutasi genetik. Dari momen itulah akhirnya kucing tanpa bulu mulai dikembangkan dan diberinama Canadian Hairless. Ras Canadian ini sempat langka ketika pihak CFA menyatakan bahwa kucing tanpa bulu adalah hal yang tidak normal. Karena pernyataan itulah akhirnya menjadikan pengembangan untuk kucing jenis ini akhirnya terhenti. Lalu kemudian kembali lahirlah jenis kucing tanpa bulu di Minnestona Amerika Serikat yang berasal dari kucing domestik.

Lalu kemudian Georgina Gattenby melakukan eksperimen dengan mengawin silangkan antara kucing tanpa bulu dengan kucing Devon Rex. Hasil dari kawin silang tersebut kucing tanoa bulu tersebut dinamakan sphynx.

Ciri ciri fisik lain dari kucing Sphynx

Sphynx atau kucing sfink ini meskipun tampak tanpa bulu sama sekali namun jika diamati dengan seksama ternyata ada tumbuh bulu yang sangat halus di beberapa bagian tubuhnya seperti telinga, ekor, kaki, dan didekat organ kelamin. Ciri lainya adalah ia memiliki daun telinga yang cukup panjang dan cukup lebar jika dibandingkan dengan kucing jenis lainnya. Selain itu kepala dan matanya juga lebar, Sphynx memiliki ukuran tubuh sedang dengan postur tegap dan perutnya terlihat bulat. Selain ciri ciri fisik diatas sphynx juga memiliki beberapa karakter yang berbeda dengan kucing jenis lain.

Karakter Kucing Sphynx

Kucing termasuk hewan yang memiliki karakter pemalas, akan tetapi untuk jenis sphynx ini justru berbeda. Kucing Sphynx justru memiliki karakter yang aktif dan cenderung tidak mau diam. Sifat aktifnya tersebut akan semakin menjadi jika bertemu dengan orang baru. Oleh karena itu jika anda memiliki kucing sphynx, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan sebaiknya berikan pengawasan terhadap kucing anda.

Jika anda sedang bepergian atau tidak bisa mengawasinya sebaiknya kucing sphynx Anda tempatkan di tempat khusus atau kandang. Dengan ditempatkan pada area khusus atau kandang maka diharapkan tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan pada kucing anda saat anda tidak bisa mengawasinya.

Masalah Kesehatan yang sering dialami

Harapan hidup kucing sphynx cukup panjang yakni sekitar 8 hingga 14 tahun, namun sama seperti halnya makhluk hidup lainnya, kucing tanpa bulu ini juga memiliki kemungkinan terkena penyakit atau masalah kesehatan lainnya. Karena kondisi tubuhnya yang memang nyaris tanpa bulu tersebut maka ada saja penyakit yang mungkin bisa menyerangnya dengan mudah. Biasanya masalah kesehatan tersebut dialami kucing sphynx yang masih berusia anak-anak. Berikut ini beberapa masalah kesehatan yang mungkin bisa menyerang kucing tanpa bulu yang lucu ini.

1. Daya tahan tubuh yang kurang kuat

Anakan kucing biasanya memiliki daya tahan yang belum kuat apalagi kucing jenis sphyng yang memang nyaris tanpa bulu ini membuat sphynx mudah kedinginan dan gampang terkena ISP (infeksi saluran pernapasan).

2. Diare

Apabila asupan makanan yang kita berikan tidak sesuai dengan tubuh kucing, maka kucing tanpa bulu ini bisa juga mengalami diare. Salah satu contoh penyebab diare pada kucing sphynx adalah pemberian obat-obatan, pemberian makanan yang memiliki protein di bawah 80%, selain itu sphynx yang baru saja diadopsi oleh pemiliki baru bisa juga mengalami diare.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close