Burung

Mengenali Jenis Kelamin Burung Ciblek Sawah

Entah ada berapa jenis burung yang ada didunia, yang jelas setiap burung memiliki keunikan masing masing. Salah satu jenis burung yang cukup unik adalah burung ciblek sawah. Jenis burung ini merupakan jenis burung yang digemari oleh para master burung. Dibandingkan dengan burung ciblek gunung dan ciblek kebun, burung ciblek sawah merupakan jenis yang paling banyak penggemarnya. Diantara para pecinta burung berkicau ada 2 jenis burung prenjak yang disebut sebagai burung ciblek sawah yaitu prenjak padi dan burung prenjak coklat.

Dalam keseharian burung ciblek sawah juga sering disebut ciwah. Bagi kicau mania burung ciwah hanya digunakan sebagai masteran saja karena ciwah memiliki suara kicauan yang panjang. Untuk pembudidayaan ciwah ini biasanya kesulitan yang dialami adalah untuk mengetahui jenis kelaminnya, karena antara jantan dan betina memang agak sulit dibedakan. Namun tak perlu khawatir karena si otakkopong.com akan mengulas tentang cara membedakan jenis kelamin burung ciblek jantan dan betina.

Cara membedakan jenis kelamin burung ciblek sawah jantan dan betina

Dalam artikel kali ini yang akan kita bahas adalah ciri burung ciblek sawah jantan, untuk mengetahui ciri burung ciblek betinanya anda hanya perlu membedakan kebalikan dari ciri ciri yang ada dibawah ini.

Ciri Ciri burung ciblek sawah Jantan

  • Terdapat warna hitam yang terletak pada pangkal paruh bagian bawah
  • Burung jantan memiliki memiliki bulu berwarna hitam sebanyak 3 helai yang terdapat pada daerah alisnya
  • Ciwah jantan memiliki bulu yang lebih lebat dan terdapat bulu berwarna abu-abu
  • Pada Burung jantan kuku pada cakarnya lebih berwarna hitam dibandingkan dengan pada betinanya
  • Batang kaki pada ciwah jantan berwarna coklat
  • Jantan lebih rajin berkicau dibanding betinanya
  • Lebih sering makan karena nafsu makan ciwah jantan biasanya lebih banyak
Itulah sedikit penjelasan mengenai burung ciblek sawah serta perbedaan antara jenis kelamin jantan dan betina. Sedikit informasi ini semoga bisa bermanfaat buat kalian yang berniat untuk membudidayakannya.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close