Lainnya

Perbedaan Kucing Anggora Dan Persia

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan lucu dan cukup banyak dipelihara sebagai hewan kesayangan. Salah satu dari banyaknya jenis kucing yang banyak dipelihara adalah jenis kucing anggora dan persia, alasanya karena kedua jenis kucinh ini memiliki bulu yang indah dan menggemaskan. Bagi pecinta kucing bukanlah hal yang sulit untuk mengetahui perbedaan antar kucing anggora dan kucing persia. Namun bagi pemula dan orang awam mungkin tidak tahu dimana letak perbedaannya.

Perbedaan Kucing Anggora dan Persia

Di artikel ini kita akan membahas tentang perbedaan kedua ras kucing yang banyak dipelihara para pecinta kucing ini. Berikut ini beberapa perbedaan mengenai kedua ras kucing tersebut, yang mungkin belum anda tahu.

√ Berdasarkan daerah asal

Kucing Anggora merupakan ras kucing tertua yang berasal dari daerah Ankara (Angora) di Turki, Jenis ini dikenal sejak tahun 1600an.

Kucing Persia kucing persia merupakan ras kucing yang berasal dari persia (sekarang Iran) kucing ini pertama kali diperkenalkan di negara Italia pada tahun 1620an dan mulai banyak dikenal seluruh dunia, termasuk ke Indonesia.

√ Dilihat dari Bentuk Wajahnya

Kucing Anggora
source:catbreedslist.com
Wajah kucing anggora lebih mirip kucing kampung atau ras lokal, akan tetapi bentuknya sedikit lebih segitiga, dengan bentuk hidung yang sedikit mancung. Kemudian bentuk telinganya cenderung terlihat runcing dan panjang.

Kucing PersiaSedangkan kucing persia bentuk wajahnya lebih bulat dengan bentuk hidung yang cenderung pesek (Persia Peaknose) dan tidak mancung (kucing persia medium). Dagu, hidung dan dahinya terlihat datar jika dilihat dari samping. Kucing persia juga memiliki mata yang lebih bervariasi dibandingkan jenis anggora.

√ Dilihat dari tubuhnya

Kucing Anggora memiliki ukuran tubuh yang terbilang ideal. Badannya langsing dengan otot yang tidak menonjol. Postur tubuhnya juga terlihat lebih tinggi.

Pada Kucing Persia badannya tampak lebih gemuk dan bulat jika dibandingkan dengan Anggora. Badan persia lebih pendek dari anggora, memiliki kaki yang pendek namun kokoh dengan cakar yang membulat.

√ Dilihat dari bulunya

Kucing Anggora, meskipun anggora memiliki bulu yang tebal, namun tidak setebal kucing persia. Namun bulu pada ekornya cukup lebat dan panjang, sehingga sering disebut ekor musang saking lebatnya. Bulu pada wajahnya juga tidak terlalu lebat hanya sedikit lebih panajang dari kucing lokal.

Kucing Persia, Bulu tubuhnya lebih lebat dari anggora, bahkan hingga sampai bagian ekornya juga lebat. Akan tetapi kelebatan bulu ekornya tidak selebat pada anggora.

√ Dilihat dari Kepribadiannya

Kucing anggora cenderung lebih aktif, suka bermain, enerjik namun juga kucing yang penurut. Ia juga termasuk hewan yang cerdas dan suka berinteraksi dengan manusia. Rasa keingintahuannya tinggi, mudah dilatih dan ramah terhadap manusia atau bahkan hewan lainnya.

Kucing Persia, sifat dari kucing ini tidak sama dengan anggora, Kucing persia lebih kalem, lebih penurut, manja dan sedikit pemalas.

√ Dilihat dari Aktifitasnya

Kucing Anggora, perbedaan kucing anggora dan persia berikutnya adalah kucing anggora cenderung lebih suka berada dekat dengan pemiliknya. Suka berada di tempat yang lebih tinggi dan lebih waspada. Suka bermain dengan temannya atau dengan pemiliknya. Terlihat luwes dan menggemaskan ketika berjalan.

Kucing Persia, Karena pemalas gerakan dari kucing persia juga tidak begitu enerjik. Ia lebih suka beristirahat atau diam ditempat. Cara berjalannya pun cukup lambat dan terlihat manja.

√ Dilihat Dari Harganya

Kucing Anggora, Kucing anggora ini harganya rata rata lebih mahal dibanding kucing persia
Kucing persia, Kucing jenis persia harganya cenderung sedikit lebih murah dibanding harga anggora.

√ Masalah Kesehatannya

Kucing anggora memiliki ketahanan tubuh yang cukup bagus, ia bisa tahan terhadap jenis penyakit biasa, sehingga ia cenderung lebih jarang sakit.

Kucing Persia daya tahan tubuhnya tidak sekuat daya tahan tubuh kucing anggora. Ia lebih mudah mengalami masalah kesehatan.

√ Sebutannya Lain

Kucing Anggora Sering juga disebut turkish anggora, atau anggora saja.
Kucing Persia sering juga disebut Longhair, Persian Longhair

√ Grooming

Kucing Anggora, meskipun tetap penting untuk melakukan grooming pada kucing anggora, namun proses gromingnya tidak terlalu ribet dan tidak terlalu diperhatikan.
Kucing Persia, Karena kucing ini memiliki bulu yang lebih lebat serta lebih rentan terhadap penyakit maka, kucing persia lebih butuh perhatian ekstra dalam melakukan grooming.

Itulah beberapa perbedaan mendasar mengenai kucing Anggora dan kucing persia, dengan melihat dan membandingkan beberapa perbedaan tersebut anda bisa menentukan pilihan Apakah jenis anggora atau persia yang akan anda adopsi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close