Tanaman

Pohon Mimba Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Pohon mimba (Azadirachta indica A. Juss) atau disebut juga daun intaran atau daun embo merupakan daun yang termasuk dalam golongan tanaman perdu/ terna. Tanaman ini pertama kali ditemukan di Hindustani, di Madhya Pradesh, India. Sejak 1500 tahun yang lalu diperkirakan mimba mulai tersebar di Indonesia terutama di Pulau jawa. Mimba biasanya tumbuh di daerah tropis khususnya pada dataran rendah. Tanaman ini banyak tumbuh di daerah Jawa Barat, daerah Jawa Timur, serta Madura, umumnya tumbuh pada ketinggian sampai dengan 300 m dpl, biasanya hidup di tempat kering berkala, kita seringkali dapat menemukannya di pinggir jalan atau di tengah hutan terang.

Tanaman yang dalam bahasa inggris disebut sebagai neem tree ini merupakan tanaman yang memiliki berbagai manfaat penting untuk kesehatan. Tak hanya daunnya tapi bagian pohon yang lainnya seperti bijinya, kulit kayu, bunga, akar maupun buahnya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Bagian bagian pohon mimba dan manfaat atau fungsinya untuk kesehatan
Daun pohon mimba bermanfaat untuk pengobatan penyakit kusta, sakit perut, mimisan, kelainan mata, kehilangan nafsu makan, cacingan , demam, gejala sakit maag, sakit jantung, sakit pada gusi juga penyakit hati.

sari dari kulit kayu mimba dipakai untuk membantu pengobatan penyakit malaria, nyeri dan demam serta penyakit kulit. Pada waktu tertentu kulit batang pohon mimba menghasilkan cairan dalam jumlah besar, Di India cairan yang dihasilkan ini digunakan sebagai obat penyakit lambung dengan cara diminum.
Bunga pohon mimba digunakan untuk mengobati gangguan saluran kencing, pengobatan ambeien atau wasir, kusta, dahak dan juga luka.

Sedangkan rantingnya dipakai untuk membantu pengobatan asma dan batuk. Biji serta minyak yang dihasilkan dari biji mimba diapaki untuk membantu pengobatan kusta dan cacingan. Batang, buah, dan akarnya dapat digunakan sebagai tonik wajah/face tonic.

Manfaat daun mimba untuk tubuh kita

1. sebagai Antioksidan
Antioksidan berfungsi untuk membantu melindungi sel sel tubuh kita dari dampak buruk radikal bebas. Daun mimbamemiliki kandungan flavonoid seperti quercetin, katekin, karoten, asam askorbat yang cukup banyak. Semua senyawa tersebut adalah sumber antioksidan. Oleh karena itu tak jarang daun mimba digunakan sebagai obat kulit. Apalagi sifat antioksidan yang terkandung pada daunnya sangat tinggi.

2. Anti Kanker
Daun mimba juga bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah terjadinya serangan kanker. Pemberian ekstrak daun mimba secara efektif dapat menekan karsinogen yang merupakan zat yang memicu terjadinya penyakit kanker di dalam tubuh.

Menurut situs Livestrong ekstrak daun mimba ini memiliki potensi sebagai antikanker. yakni mampu mencegah serta memperlambat pertumbuhan beberapa jenis dari sel kanker.

Archives of Gynecology and Obstetrics dalam penelitiannya yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa pengobatan medis dengan menggunakan ekstrak mimba dapat mencegah tingkat keparahan sel kanker sehingga resiko kematian akibat kanker serviks dapat menurun. Selain itu dalam penelitian lain ekstrak tumbuhan ini juga memiliki efek antikanker serta menghambat pertumbuhan pada kanker prostat.

3. Antimikroba
Daun mimba juga berkhasiat sebagai anti mikroba yang memiliki potensi untuk membantu memperlambat atau mencegah pertumbuhan mikroba jahat yang merupakan bibit penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dental Journal pada tahun 2011 menemukan bahwa minyak mimba yang dihasilkan dari biji pohon mimba dapat digunakan untuk menurunkan mikro organisme yang terdapat pada rongga mulut.

Senyawa bioaktif yang terkandung dalam daun mimba/daun embo seperti alkaloid, steroid, dan flavonoid, serta tanin juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri E. Coli dan Salmonella.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close