Ternak

Tips Desain Kandang Kelinci Yang Bagus Untuk Kelinci Peliharaanmu

Membuat kandang yang nyaman dan bagus untuk hewan peliharaan sangatlah penting. Karena kandang yang nyaman akan membuat hewan peliharaan menjadi betah dan nyaman didalam kandang sehingga dapat hidup dengan sehat dan berkembang dengan baik. Begitu juga untuk kandang kelinci juga harus membuat kandang yang nyaman untuk tempat tinggal kelinci.

Kandang yang nyaman tidak harus mewah dan dengan bahan yang mahal juga, tapi kita bisa membuat kandang kelinci sederhana dari bahan yang ada disekitar kita seperti bambu, kayu atau material lainnya. Kelinci merupakan hewan yang cukup aktif bergerak oleh karena itu kandang yang dibuat haruslah cukup memberikan ruang gerak bagi kelinci serta memiliki konstruksi yang kuat.

Tips Membuat Kandang Kelinci

Untuk membuat kandang kelinci yang baik dan nyaman untuk kelinci peliharaanmu, alangkah baiknya jika menerapkan beberapa tips berikut ini:

Bentuk Kandang

Kandang bisa dibuat sebaris ataupun bentuk bersusun, namun untuk kandang bersusun sebaiknya dibawah rak kandang diberikan jarak untuk tempat penampungan kotoran hewan agar kotoran hewan tidak mengotori kandang yang berada dibawahnya. Sehingga kandang kelinci menjadi bersih dari kotoran, karena kandang yang kotor dan lembab akan rentan terhadap penyakit. Pada jarak antar kandang tersebut diberikan tempat untuk menampung kotoran sementara, sehingga proses pembuangan kotoran akan mudah dilakukan. Kandang juga harus mempunyai sirkulasi udara yang baik agar kelinci nyaman dan kandang tidak pengap.

Ukuran Kandang

Kelinci adalah hewan yang cukup aktif, oleh karena itu jika area yang anda miliki cukup luas buatlah kandang yang cukup luas agar kelinci merasa nyaman dan bebas bergerak serta agar kandang tidak lembab. Akan tetapi jika lahan yang anda gunakan untuk kandang terbatas, anda bisa membuat kandang yang meskipun tidak luas namun memadai, ukuran kandang minimal 4 kali ukuran kelinci agar kelinci tetap bisa bergerak dengan leluasa.

Alas Kandang

Gunakan bahan yang kuat sebagai alas kandang agar tidak mudah bergeser atau rusak ketika digunakan, selain itu usahakan celah pada alas kandang cukup sempit agar kaki kelinci tidak terjepit ketika bergerak kesana-kemari. Selain itu sebaiknya bagian dari alas kandang ini dapat dicopot agar memudahkan kita saat membersihkan kandang.

Ketinggian Kandang

K

esehatan kelinci ditentukan oleh seringnya ia berdiri, oleh karena itu oleh karena itu buatlah ketinggian kandang kelinci jangan terlalu pendek agar kelinci bisa leluasa berdiri. Ukuran ketinggian kandang sebaiknya disesuaikan dengan ukuran panjang kelinci yang akan menjadi penghuni kandang. Misalnya kelinci yang akan kita masukkan memiliki panjang 55cm maka ketinggian kandang sebaiknya minimal 65cm.

Jarak Kandang

Jarak kandang dari tanah sebaiknya minimal setinggi 30cm agar kelinci tidak terlalu dekat dengan kotoran, sehingga kelinci tidak mudah terserang bakteri yang berasal dari kotorannya dan kelinci tetap sehat.

Penempatan Kandang

Tempatkan kandang kelinci di tempat yang teduh namun masih terjangkau oleh sinar matahari. Usahakan sinar matahari yang menjangkau kandang adalah sinar matahari pagi antara jam 6 pagi hingga jam 8 pagi. Sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan kelinci. Oleh karena itu usahakan agar kandang bisa terpapar sinar matahari dengan baik.

Nah itulah beberapa tips yang bisa diaplikasikan untuk pembuatan kandang kelinci agar kelinci dapat nyaman tinggal dan sehat serta berkembang dengan baik. Adapun untuk bentuk kandang anda bisa berkreasi sendiri sesuai keinginan nanmun tetap harus mengikuti kriteria dan fungsi yang diperlukan. Selamat mencoba.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Close